DESI, ARIYANI HSB (2013) HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS PROGRAM A. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (SKRIPSI)
460.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
Abstract
Belajar secara sederhana dapat diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan individu secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa yang telah dipelajari dan sebagai hasil dari interaksinya dengan lingkungan sekitar. Menurut Thursan Hakim (2005), belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan (Djamarah, 2011). Peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku yang diperoleh bukan saja berupa ilmu pengetahuan, tetapi juga kecakapan dan keterampilan. Semuanya bisa diperoleh dibidang mata kuliah tertentu. Kemudian untuk mengetahui penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah tertentu itu dilaksanakan evaluasi belajar. Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa (Gronlund, 1976). Hasil dari evaluasi tersebut dinyatakan sebagai prestasi belajar mahasiswa, dalam bentuk Indeks Prestasi. Menurut Hasbullah (2006), prestasi belajar adalah hasil belajar berupa nilai yang diperoleh oleh peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran (Nopita, 2008).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Keperawatan |
Depositing User: | Yth Vebi Dwi Putra |
Date Deposited: | 04 May 2016 01:15 |
Last Modified: | 04 May 2016 01:15 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7269 |
Actions (login required)
View Item |