PEMBENTUKAN PORTOFOLIO BERDASARKAN INDEKS SHARPE, TREYNOR DAN JENSEN SERTA PORTOFOLIO OPTIMAL DENGAN MENGGUNAKAN SINGLE INDEX MODEL

DIRAMADHONA, MUTIASALISA (2021) PEMBENTUKAN PORTOFOLIO BERDASARKAN INDEKS SHARPE, TREYNOR DAN JENSEN SERTA PORTOFOLIO OPTIMAL DENGAN MENGGUNAKAN SINGLE INDEX MODEL. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SKRIPSI UTUH)
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Investasi adalah suatu bentuk penanaman dana guna memberikan keuntungan tingkat pengembalian (return) baik pada masa sekarang atau dan dimasa depan. Saham adalah sebuah bukti kepemilikian nilai sebuah perusa- haan. Saham merupakan salah satu instrumen investasi yang paling menarik karena memiliki mobilitas yang tinggi. Indeks Sharpe, Treynor dan Jensen merupakan metode yang digunakan untuk mengukur kinerja suatu saham, se- hingga ketiga metode tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk membuat sebuah portofolio. Portofolio adalah sekelompok instrumen investasi yang dipi- lih sebagai objek investasi dari seorang investor atau sebuah perusahaan in- vestasi. Single index model adalah metode yang digunakan untuk memben- tuk portofolio optimal. Pada penelitian ini menurut hasil perhitungan nilai Indeks Sharpe, Treynor dan Jensen dapat ditarik kesimpulan bahwa saham yang memiliki kinerja terbaik adalah Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR), Kalbe Farma Tbk (KLBF), Surya Citra Media Tbk (SCMA), Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM), dan Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES). Lima sa- ham yang disebutkan juga merupakan saham yang masuk ke portofolio optimal menurut single index model. Kata kunci : return, risiko, portofolio, Indeks Sharpe, Indeks Treynor, Indeks Jensen, single index model .

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. DODI DEVIANTO
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 15 Jun 2021 06:52
Last Modified: 15 Jun 2021 06:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72668

Actions (login required)

View Item View Item