Pengaruh Penerapan Corporate Governance terhadap Manajemen Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Properti/Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

yolanda, Leony Alexandria (2020) Pengaruh Penerapan Corporate Governance terhadap Manajemen Pajak (Studi Empiris pada Perusahaan Properti/Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
yolanda-cover dan abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
yolanda-BAB I watermark.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
yolanda-BAB V watermark.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
yolanda-DAFTAR KEPUSTAKAAN watermark.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
yolanda-skripsi utuh pdf22.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan corporate governance terhadap manajemen pajak. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepemilikan institusional, kompensasi manajemen, komisaris independen, dan komite audit independen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen pajak atau ETR. Variabel kontrol yang digunakan pada penelitian ini adalah ukuran perusahaan, kinerja perusahaan, tingkat hutang perusahaan, dan beda tarif pajak. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah perusahaan properti/real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 104 sampel. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian ini adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari empat uji (uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), analisis regresi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis t dan F. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa manajemen pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap kepemilikan institusional, kompensasi manajemen, komisaris independen, dan variabel secara keseluruhan, namun berpengaruh signifikan terhadap komite audit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Efa Yonnedi, S.E., MPPM., Ph.D, Ak.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 19 Feb 2021 09:32
Last Modified: 19 Feb 2021 09:32
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72570

Actions (login required)

View Item View Item