STUDI PEMBUATAN MINUMAN SERBUK INSTAN DARI TEH HITAM (Camellia sinensis) DAN KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus costaricensis)

MIA, WIJAYANTI (2021) STUDI PEMBUATAN MINUMAN SERBUK INSTAN DARI TEH HITAM (Camellia sinensis) DAN KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus costaricensis). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak mia.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan kulit buah naga merah terhadap karakteristik serbuk teh instan yang dihasilkan.dan mengetahui formulasi minuman serbuk instan terbaik yang dihasilkan berdasarkan uji fisik, kimia dan organoleptik. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan yaitu Bubuk Teh Hitam 100 % dengan Bubuk Kulit Buah Naga 0%, Bubuk Teh Hitam 90% dengan Bubuk Kulit Buah Naga 10%, Bubuk Teh Hitam 80% dengan Bubuk Kulit Buah Naga 20%, Bubuk Teh Hitam 70% dengan Bubuk Kulit Buah Naga 30% dan Bubuk Teh Hitam 60% dengan Bubuk Kulit Buah Naga 40%. Data penelitian dianalisis menggunakan ANOVA dan jika berbeda nyata dilanjutkan dengan Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Perbandingan serbuk ekstrak teh hitam dengan serbuk ekstrak kulit buah naga menghasilkan pengaruh berbeda nyata terhadap waktu larut air, bagian tidak larut air, kadar air, kadar abu, aktifitas antioksidan, total polifenol dan analisis warna minuman serbuk instan yang dihasilkan, tetapi tidak menghasilkan pengaruh nyata terhadap analisis nilai organoleptik minuman serbuk instan. Minuman serbuk instan dengan perbandingan serbuk ekstrak teh hitam dengan serbuk ekstrak kulit buah naga merah (70% : 30%) pada perlakuan D merupakan produk terbaik berdasarkan analisis organoleptik dengan nilai rata-rata warna 3,45, aroma 3,25 dan rasa 3,85. Meskipun dari uji organoleptik yang terbaik D tetapi dari uji aktivitas antioksidan tertinggi pada perlakuan B.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Tuty Anggraini, S.TP, MP, Ph.D
Uncontrolled Keywords: teh hitam, kulit buah naga merah, minuman instan, foam mat drying
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 31 Jan 2022 07:14
Last Modified: 31 Jan 2022 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72489

Actions (login required)

View Item View Item