PENGARUH PEMAKAIAN TEPUNG BIJI KAPUK (Ceiba petandra) YANG DIKUKUS DALAM RANSUM TERHADAP INTAKE ENERGI, PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMEN ITIK BAYANG

Lusiana, Caniago (2020) PENGARUH PEMAKAIAN TEPUNG BIJI KAPUK (Ceiba petandra) YANG DIKUKUS DALAM RANSUM TERHADAP INTAKE ENERGI, PERSENTASE KARKAS DAN LEMAK ABDOMEN ITIK BAYANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir ( penutup atau kesimpulan))
BAB AKHIR (PENUTUP ATAU KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemakaian Tepung Biji Kapuk (TBK) dalam ransum berpengaruh terhadap intake energi, Persentase Karkas dan Lemak abdomen itik Bayang. Pada penelitian ini digunakan 80 ekor itik Bayang jantan umur 2 minggu yang ditempatkan pada 20 unit koloni berukuran 70x70x60 cm yang dilengkapi dengan tempat makan, tempat minum, serta lampu sebagai pemanas dan penerangan. Ransum perlakuan mengandung Tepung Biji Kapuk Kukus (TBKK) dengan level berbeda yaitu A = 0% TBKK, B = 4% TBKK, C = 8% TBKK, D = 12% TBKK. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK). Parameter yang diukur adalah Intake energi, Persentase karkas dan Lemak abdomen itik Bayang. Dari hasil penelitian diharapkan penggunaan tepung biji kapuk (Ceiba petandra) yang dikukus dalam ransum berpengaruh terhadap Intake energi, Persentase karkas dan Lemak abdomen itik Bayang. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan Tepung Biji Kapuk dalam ransum berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap Intake energy, berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap Persentase karkas dan berpengaruh tidak nyata terhadap (P>0,05) terhadap persentase Lemak abdomen itik Bayang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemakaian tepung biji kapuk dalam ransum itik Bayang dapat digunakan sampai level 8 % dengan hasil intake energy 1496,69 kkal/kg, persentase karkas 61,06% dan persentase lemak abdomen 0,73%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr.Ir. H. Erman Syahruddin, SU
Uncontrolled Keywords: : Itik Bayang, Intake energi, persentase karkas, lemak abdomen.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 19 Feb 2021 07:47
Last Modified: 19 Feb 2021 07:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72448

Actions (login required)

View Item View Item