KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DALAMPENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUMDAERAH PARIAMAN

DEWI, MURNI (2013) KAJIAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DALAMPENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUMDAERAH PARIAMAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (TESIS)
472.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)

Abstract

Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat (Undangundang No.44 tahun, 2009). Keberhasilan suatu rumah sakit dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara paripurna atau bermutu serta aman dipengaruhi banyak faktor, diantaranya manajemen rumah sakit, sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, dan manajemen kesehatan (Sulistyowati, 2012). Pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang menjadi cermin keberhasilan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Upaya peningkatan mutu pelayanan di rumah sakit tidak bisa lepas dari upaya peningkatan mutu pelayanan keperawatan. Pelayanan keperawatan dalam pelaksanaannya merupakan praktek keperawatan yaitu tindakan mandiri perawat profesional dalam memberikan asuhan keperawatan yang dilaksanakan dengan cara kerjasama yang bersifat kolaboratif dengan klien dan tenaga kesehatan lain sesuai dengan lingkup wewenang dan tanggungjawabnya (Sulistyowati, 2012). Pelayanan kesehatan yang bermutu atau berkualitas akan memenuhi keinginan masyarakat sebagai pengguna jasa pelayanan, sehingga keluhan pengguna bisa diminimalkan baik terhadap palayanan kesehatan umumnya maupun pelayanan keperawatan khususnya. Hasil penelitian yang dilakukan oleh 1 16 Brady et al (1993) dalam Loveridge dan Cumming (1996) menyatakan bahwa dengan memberikan pelayanan keperawatan yang berkualitas dapat menurunkan angka kesalahan dalam melakukan perawatan, menekan peningkatan length of stay dan dapat memberikan suasana emosional pada klien, keluarga dan staf perawatan. Menurut Lovarigdge dan Cumming (1996), menyatakan bahwa pelayanan keperawatan yang berkualitas akan menghasilkan kepuasan pada klien dimana secara tidak langsung perawat sebagai pemberi pelayanan akan merasakan kepuasan dalam bekerja. Kepuasan perawat dapat terjadi jika perawat menjiwai dalam memberikan pelayanan kesehatan. Pelayanan yang tidak memuaskan akan memberikan reaksi positif terhadap kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit (Simamora, 2012).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 04 May 2016 00:55
Last Modified: 04 May 2016 00:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7244

Actions (login required)

View Item View Item