PENGARUH INTRODUKSI BAKTERI ENDOFIT TERHADAP PREFERENSI Bactrocera sp. (DIPTERA: TEPHRITIDAE) DAN PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill)

Rahayu, Nanda Pertama (2021) PENGARUH INTRODUKSI BAKTERI ENDOFIT TERHADAP PREFERENSI Bactrocera sp. (DIPTERA: TEPHRITIDAE) DAN PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Skripsi FullText)
Skripsi FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bactrocera sp. merupakan hama penting pada tanaman tomat. Salah satu alternatif untuk pengendalian Bactrocera sp. adalah menggunakan bakteri endofit. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bakteri endofit yang mampu meningkatkan ketahanan tanaman terhadap Bactrocera sp. dan pertumbuhan tanaman tomat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 9 perlakuan dengan 3 ulangan. Perlakuan terdiri dari 8 bakteri endofit dan 1 kontrol. Masing–masing satuan percobaan ditempatkan pada dua uji preferensi yaitu uji dengan pilihan dan tanpa pilihan Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Mikrobiologi dan Rumah Kawat Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang dari bulan November sampai Mei 2020. Variable yang diamati adalah populasi Bactrocera sp. dan pertumbuhan tanaman (tinggi dan jumlah daun). Hasil penelitian menunjukkan bahwa isolat terbaik yang mampu meningkatkan ketahanan tanaman tomat terhadap Bactrocera sp., yaitu Bacillus cereus (TLE1.1). Pemberian Serratia marcescens (E1AB2.1) pada tanaman dapat memberikan tinggi tanaman terbaik, sedangkan untuk peningkatkan jumlah daun, tanaman yang diberi Chryseobacterium rhizoplanae (KLE3.3) menunjukkan hasil yang terbaik. Kata kunci: Bactrocera sp., bakteri endofit, ketahanan tanaman, tomat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiandy Hamid, SP. MSi
Uncontrolled Keywords: Bactrocera sp., bakteri endofit, ketahanan tanaman, tomat
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:20
Last Modified: 19 Apr 2021 03:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72412

Actions (login required)

View Item View Item