PENAWARAN TENAGA KERJA WANITA KAWIN DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN SUAMI DI INDONESIA

SRI, MARYATI (2017) PENAWARAN TENAGA KERJA WANITA KAWIN DAN KARAKTERISTIK PEKERJAAN SUAMI DI INDONESIA. Doctoral thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I)
09 BAB 1.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vii)
15 BAB 7.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (dapus)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img] Text (Disertasi Full Text)
Disertasi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh karakteristik individu, karakteristik rumah tangga dan karakteristik pekerjaan suami terhadap penawaran tenaga kerja wanita kawin (istri). Dengan asumsi bahwa suami adalah pencari nafkah utama, studi ini selanjutnya bertujuan untuk membuktikan keberadaan Added Worker Effect (AWE) di Indonesia dengan menggunakan raw data (data mentah) SUSENAS tahun 2011 dan 2014. Konsep AWE diperkenalkan oleh Woytinsky (1940), pasca terjadinya depresi besar pada perekonomian Amerika Serikat. Ketika satu orang anggota keluarga kehilangan pekerjaan maka pendapatan keluarga akan berkurang, hal ini akan ditutupi oleh anggota keluarga yang lain untuk mencari pekerjaan. (Humphery, 1940). Studi terdahulu terhadap eksistensi AWE pada umumnya dilakukan pasca terjadinya resesi suatu daerah atau negara yang menyebabkan meningkatnya pengangguran sehingga berakibat pada penurunan pendapatan rumah tangga yang mendorong anggota rumah tangga yang tidak bekerja untuk mencari pekerjaan. Dalam studi ini, peneliti mengestimasi keberadaan AWE tidak pada kondisi ekonomi sedang depresi, hal ini penulisa lakukan untuk melihat bagaimana keberadaan AWE dalam rumah tangga di Indonesia ketika ada goncangan pada pekerjaan suami. Objek penelitian adalah wanita kawin berusia 15-64 tahun, dengan variabel terikat adalah status pekerjaan wanita kawin, dan variabel bebas adalah karakteristik individu, karakteristik rumah tangga dan karakteristik suami. Hasil studi menemukan variabel karakteristik individu, karakteristik rumah tangga dan karakteristik suami berpengaruh signifikan terhadap penawaran tenaga kerja wanita kawin di Indonesia. AWE terjadi dalam rumah tangga di Indonesia ketika terjadi guncangan ekonomi rumah tangga akibat memburuknya kondisi karakteristik pekerjaan suami.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Primary Supervisor: Prof. Elfindri, SE, M
Uncontrolled Keywords: Added Worker Effect, wanita kawin, karakteristik individu, karakteristik rumah tangga dan karakteristik pekerjaan suam
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: s3 Ilmu Ekonomi
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:57
Last Modified: 18 Feb 2021 07:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72389

Actions (login required)

View Item View Item