PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA LEVEL PROTEIN PADA MASA PEMULIHAN TERHADAP KARKAS, INTAKE ENERGI DAN LEMAK ABDOMEN ITIK PERSILANGAN MOJOSARI DAN ALABIO (MA) JANTAN

Robitul, Ismail Ahmad (2021) PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA LEVEL PROTEIN PADA MASA PEMULIHAN TERHADAP KARKAS, INTAKE ENERGI DAN LEMAK ABDOMEN ITIK PERSILANGAN MOJOSARI DAN ALABIO (MA) JANTAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1-dikonversi.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5-dikonversi.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FULL TEKS-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian beberapa level protein pada masa pemulihan terhadap karkas, intake energi dan lemak abdomen itik persilangan Mojosari dan Alabio (MA) jantan Setelah dilakukan cekaman pembatasan pakan 30%. Penelitian ini menggunakan 100 ekor DOD persilangan Mojosari dan Alabio (MA) jantan yang dipelihara sampai umur 10 minggu. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 kelompok bobot badan sebagai ulangan, setiap unit ulangan terdiri dari 5 ekor itik MA jantan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah pembatasan pada perlakuan B, C, D dan E namun perlakuan A diberikan pakan secara adlibitum, kemudian pemberian pakan dengan beberapa level protein pada masa pemulihan terdiri dari A; pakan komersil, B; pakan komersil, C; pakan adukan (19% protein), D; pakan adukan (21% protein), dan E; pakan adukan (23% protein). Parameter yang diamati adalah karkas, intake energi, dan lemak abdomen. Data dianalisis menggunakan analisis keragaman, perbedaan antar perlakuan diuji dengan uji lanjut DMRT. Hasil analisis keragaman menunjukkan pemulihan dengan beberapa level protein memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap bobot karkas, intake energi dan berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap persentase karkas dan lemak abdomen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemulihan dengan beberapa level protein terhadap karkas, intake energi, dan lemak abdomen terbaik pada perlakuan E; pemulihan dengan level 23% dengan bobot karkas; 727,75 (g), persentase karkas; 57,67 (%), intake energi; 2836,49 (kkal/kg) dan persentase lemak abdomen; 0,57 (%). Kata Kunci : Pembatasan pakan, masa pemulihan, karkas, intake energi dan lemak abdomen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. SABRINA, MP
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 18 Feb 2021 06:58
Last Modified: 18 Feb 2021 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72354

Actions (login required)

View Item View Item