Jenis-Jenis Dan Karakteristik Morfologi Tumbuhan Pakan Lutung Kelabu (Trachypithecus Cristatus Raffles, 1821) Di Kawasan Hutan Sekunder Desa Kauman, Pasaman

Gusra, Wahyudi (2021) Jenis-Jenis Dan Karakteristik Morfologi Tumbuhan Pakan Lutung Kelabu (Trachypithecus Cristatus Raffles, 1821) Di Kawasan Hutan Sekunder Desa Kauman, Pasaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
KESIMPULAN & SARAN.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Skripsi Gusra Wahyudi_1610421024_Taksonomi Tumbuhan_Biologi_Universitas Andalas.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)

Abstract

Tumbuhan merupakan penyedia pakan yang sangat penting bagi lutung kelabu (Trachypithecus cristatus Raffles, 1821). Penelitian mengenai jenis-jenis dan karakteristik morfologi tumbuhan pakan lutung kelabu (Trachypithecus cristatus Raffles, 1821) di kawasan hutan sekunder Desa Kauman, Pasaman telah dilaksanakan dari bulan Juli sampai Oktober 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis dan karakteristik morfologi tumbuhan yang dimakan oelh lutung kelabu di kawasan hutan sekunder Desa Kauman, Pasaman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung terhadap lutung kelabu secara Ad-libitum di lapangan dan setiap sisa organ tumbuhan yang dimakan lutung kelabu dikoleksi langsung untuk mengetahui bagian yang yang dimakan serta dilakukan pengamatan morfologi dari bagian yang dimakan. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tumbuhan yang dimakan oleh lutung kelabu di hutan sekunder Desa Kauman, Pasaman ditemukan sebanyak 16 spesies yang tergolong kedalam 11 famili, yaitu Areca catechu, Archidendron jiringa, Artocarpus elasticus, Artocarpus lakoocha, Ceiba pentandra, Commersonia bartramia, Ficus variegata, Hevea brassiliensis, Ipomoea fistulosa, Lansium parasiticum, Macaranga tanarius, Mangifera odorata, Muntingia calabura, Palaquium maingayi, Piper aduncum, dan Theobroma cacao. Bagian tumbuhan yang dimakan oleh lutung kelabu adalah daun muda, buah muda dan buah matang. Pada daun muda bagian yang disukai adalah ujung daun, dengan karakteristik yaitu mempunyai tekstur yang lunak, berwarna hijau, daging daun tipis, dan permukaannya licin. Sedangkan pada buah muda dan buah matang bagian yang disukai adalah kulit buah dengan karakteristik yaitu permukaan licin dan mengkilap serta teksturnya lunak. Kata Kunci: Hutan Sekunder, Karakteristik, Lutung Kelabu, Pakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Nuraians
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 22 Feb 2021 03:30
Last Modified: 22 Feb 2021 03:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72350

Actions (login required)

View Item View Item