KECENDRUNGAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERCERAIAN DI KOTA PADANG (Studi Terhadap Kasus Perceraian Di Pengadilan Agama Padang 2017-2019)

Ferdie, Ferdian (2021) KECENDRUNGAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERCERAIAN DI KOTA PADANG (Studi Terhadap Kasus Perceraian Di Pengadilan Agama Padang 2017-2019). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB akhir ( penutup ).pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full cc.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK FERDIE FERDIAN. 1610812016. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Padang. Judul Skripsi: Kecenderungan dan Factor yang Berhubungan dengan Perceraian di Kota Padang (Studi Terhadap Kasus Perceraian di Pengadilan Agama Padang Tahun 2017-2019). Pembimbing I Dr. Jendrius, M.Si. Pembimbing II Aziwarti, SH,M.Hum. Tebal Skripsi: 75 Halaman. Secara umum penelitian tentang perceraian biasanya menggunakan metode survay atau studi kasus. Penggunaan penelitian survay sangat baik karena mampu mengumpulkan data dalam jumlah yang besar dan dalam waktu yang relative singkat. Namun kelemahannya data yang diperoleh hanya data permukaan dan mudah dimanipulasi oleh responden. Sementara itu dengan menggunakan studi kasus, data yang dikumpulkan sangat kecil dan terbatas sehingga sulit duntuk dilakukan generalisasi. Penelitian ini mencoba menutupi kelemahan kedua metode di atas yakni dengan menggunakan metode analisis data sekunder. Selain metode ini mampu mengumpulkan data dalam jumlah yang relatif besar, namun juga mampu memperlihatkan nuansa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variabel yang berhubungan dengan praktik perceraian di kota padang dalam kurun waktu 2017-2019, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan praktik perceraian yang terjadi di Kota Padang dalam kurun waktu 2017-2019. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Ada 11 variabel yang berkaitan dengan perceraian di Kota Padang, dengan hasil dominan yaitu: Pelaku perceraian berumur di bawah 30 tahun, dengan jenis kelamin perempuan, memiliki pendidikan tinggi, ber-etnis Minangkabau, tidak memiliki pekerjaan, berdomisili di Kota Padang, menikah di saat berumur di bawah 30 tahun, dengan menetap di rumah orangtua, memiliki anak dan bercerai ketika usia pernikahan di atas 10 tahun. Sedangkan untuk kecenderungan variabel perceraian dan penyebab perceraian di kota padang ditemukan bahwa ada beberapa faktor penyebab perceraian yang cenderung naik pada tahun 2018 dan turun kembali pada tahun 2019, seperti faktor perselingkuhan, pasangan egois, dan merasa tidak dihargai. Terdapat 5 faktor penyebab perceraian yang cenderung turun pada tahun 2018 dan naik lagi pada tahun 2019, seperti faktor kekerasan fisik, suami tidak memberikan nafkah, intervensi keluarga, minggat dari rumah, poligami, dan kekerasan verbal, dan terdapat 2 faktor penyebab perceraian yang cenderung turun di setiap tahunnya, seperti pasangan tidak bertanggung jawab, dan meninggalkan rumah tanpa kabar. Kata Kunci: Perceraian, Kecenderungan Perceraian, Faktor Perceraian

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Jendrius, M.Si.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 18 Feb 2021 05:04
Last Modified: 18 Feb 2021 05:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72236

Actions (login required)

View Item View Item