Implementasi Penerapan PSAK 109 Tentang Akuntansi Zakat dan Sedekah/Infak (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Sijunjung, dan Kota Sawahlunto

Qodri, Rahmat (2021) Implementasi Penerapan PSAK 109 Tentang Akuntansi Zakat dan Sedekah/Infak (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) di Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Sijunjung, dan Kota Sawahlunto. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
Rahmat Lailatul Qodri 1610533011 1 - Copy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penerapan PSAK 109 tentang akutansi zakat dan sedekah/ infak pada entitas yang operasi utama dalam penghimpunan dan penyakuran zakat sangat penting. dengan penerapan PSAK 109 ini diharapkan kepercayaan masyarkat terhadap organisasi pengelola zakat yang ada meningkat, sehingga masyarakat lebih memilih untuk menyalurkan zakat nya kepada organisasi pengelola zakat daripada mengeluarkannya secara pribadi secara lansung kepenerima zakat. Potensi zakat di Indonesia yang sangat besar tetapi tidak berbanding sama dengan zakat yang terhimpun oleh OPZ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlakuan akuntansi pada BAZNAS Kabupten Tanah Datar, Kabupaten Sijunjung, Kota Sawahlunto, dan bagaimana implikasi penerapan PSAK 109 terhadap kinerja pengumpulan dan pendstribusian ketiga BAZNAS tersebut. Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian kualitatif, khusus nya studi kasus. Penelitian ini melibatkan 3 kasus yaitu BAZNAS Tanah Datar, BAZNAS Sijunjung, dan BAZNAS Sawahlunto. Hasil penelitian ini menjukkan ketiga BAZNAS tersebut masih belum ada yang menerapkan PSAK 109 secara menyeluruh, dan untuk BAZNAS Sijunjung penerapan PSAK 109 nya masih bias dikatakan jauh dari perlakuan akuntansi sesuai dengan PSAK 109. Kata Kunci : Penerapan, PSAK 109, BAZNAS Tanah Datar, BAZNAS Sijunjung, BAZNAS Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vima Tista Putriana, SE., Ak., MSc., Ph.D., CA
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: S1 Akuntansi Akuntansi
Date Deposited: 17 Feb 2021 06:56
Last Modified: 17 Feb 2021 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72111

Actions (login required)

View Item View Item