Sistem Otomatisasi Plant Factory dengan Tiga Jenis Tanaman Sayuran Berbeda Berbasis Mikrokontroler dan Andoroid

Hafizh, Ramli (2021) Sistem Otomatisasi Plant Factory dengan Tiga Jenis Tanaman Sayuran Berbeda Berbasis Mikrokontroler dan Andoroid. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAB I (Pendahuluan).pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB Akhir (Penutup & Kesimpulan.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Daftar Pustaka.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
5 Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Plant Factory merupakan konsep teknologi yang memfasilitasi pembentukan lingkungan yang sesuai dan baik untuk pertumbuhan tanaman, mudah dikendalikan, tidak membutuhkan lahan yang luas, dan diaplikasikan di dalam ruangan sehingga tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca luar ruangan. Oleh karena itu dibuat sistem yang secara otomatis mengontrol dan memantau kondisi lingkungan tanaman seperti suhu, kelembaban dan cahaya. Sistem ini menggunakan Arduino mega 2560 sebagai mikrokontroler, DHT22 sensor suhu dan kelembaban untuk menilai suhu dan kelembaban ruangan, RTC sebagai indikator waktu penyinaran tanaman, modul micro SD sebagai penyimpanan data untuk sensor dan aktuator, dan modul Bluetooth sebagai media pengiriman data. Aktuator ini terdiri dari kipas angin untuk mengontrol suhu, humidifier untuk mengontrol kelembaban dan LED sebagai pengganti penerangan tanaman. Terdapat tiga tanaman sebagai sampel untuk pengujian sistem Plant Factory ini yaitu bayam, selada dan sawi dengan masing-masing sistem Plant Factory untuk tanaman tersebut. Semua kondisi suhu, kelembaban dan aktuator dapat dipantau melalui aplikasi Android. Sistem otomasi pabrik tanaman dengan tiga jenis tanaman sayuran berbasis mikrokontroler dan android ini berhasil berjalan sesuai fungsinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Lathifah Arief, M.T
Uncontrolled Keywords: Arduino Mega, Sensor DHT22, Fan DC, Grow LED, Ultrasonic Humidifier, RTC DS3231, Modul MicroSD, Bayam, Selada, Sawi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 17 Feb 2021 07:39
Last Modified: 17 Feb 2021 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72110

Actions (login required)

View Item View Item