Peran Stakeholder dalam Pelaksanaan Program Pilot Inovasi Inkubasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID PEL) di Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam

Nisa, Ul Husna (2021) Peran Stakeholder dalam Pelaksanaan Program Pilot Inovasi Inkubasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID PEL) di Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
cover_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Peran Stakeholder dalam Pelaksanaan Program Pilot Inovasi Inkubasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID PEL) di Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kelompok Kerja (POKJA) PIID PEL Kabupaten yang kurang maksimal dikarenakan masalah internal dalam struktur POKJA dan tidak memiliki pedoman khusus dalam menjalankan program PIID PEL di Kabupaten Agam, khususnya nagari Panampuang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Nugroho dkk mengenai peran stakeholder dengan 5 variabel yaitu policy creator, koordinator, fasilitator, implementor dan akselerator. Metode dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data di lapangan dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa peran POKJA PIID PEL Kabupaten Agam belum maksimal. Terdapat beberapa kendala yang ditemui diantaranya ada beberapa anggota POKJA PIID PEL Kabupaten Agam yang tidak aktif dalam menjalankan perannya, aturan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) yang berubah-ubah sehingga mempengaruhi peran dari POKJA PIID PEL Kabupaten Agam dan Tim Penggerak Kegiatan Kemitraan (TPKK) PIID PEL Nagari Panampuang sebagai pelaksana kegiatan program. Selain itu, inkubator yang juga terlibat dalam program PIID PEL di nagari Panampuang juga tidak maksimal dalam menjalankan peran karena kurang kooperatif dengan POKJA PIID PEL Kabupaten Agam dan TPKK PIID PEL Nagari Panampuang. Kata Kunci: Peran Stakeholder, Program PIID PEL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 17 Feb 2021 03:35
Last Modified: 17 Feb 2021 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/72049

Actions (login required)

View Item View Item