AGUNG, SURYADI (2015) KEGIATAN DISTRIBUSI DAN TRANSPORTASI PT. SEMEN PADANG. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.
Text
201509011333st_pustaka pusat.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Latar Belakang Masalah Indonesia merupakan negara berkembang yang sedang gencar melaksanakan pembangunan. Hal ini dapat dilihat dari rencana pemerintah untuk percepatan dan perluasan pembangunan nasional 2011-2015. Disamping itu, industri perumahan di indonesia juga semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Kedua kondisi tersebut mempengaruhi kebutuhan semen di indonesia. Semen merupakan komponen paling penting dalam bangunan. Peningkatan jumlah pembangunan di indonesia menyebabkan peningkatan terhadap jumlah pemakaian semen. PT. Semen Padang yang merupakan salah satu perusahaan semen di indonesia hendaklah menerapkan strategi untuk menghadapi situasi ini. Salah satu aspek yang perlu diperhatikan dalam manajemen distribusi adalah biaya pendistribusian produk Dengan adanya tuntutan akan pemenuhan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat tentunya mengakibatkan beberapa perusahaan harus lebih mengembangkan usahanya terutama dalam bidang pemasaran. Pada bauran pemasaran terdiri dari product, price, place, dan promotion dimana setiap unsur-unsur dalam bauran pemasaran tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain. Saluran distribusi (place) merupakan salah satu faktor penunjang suatu keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produknya. Distribusi merupakan jalur yang dipakai oleh suatu perusahaan untuk menyalurkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Sarana dan prasarana distribusi yang digunakan oleh suatu perusahaan mempengaruhi cepat atau tidaknya barang atau jasa sampai ke tangan konsumen. Untuk itu suatu perusahaan harus memilih saluran distribusi yang tepat agar dapat meningkatkan volume penjualan dan tingkat pengembalian laba yang tinggi. Pengertian Departemen Distribusi dan Transportasi PT Semen Padang secara umum adalah suatu unit kerja yang menyediakan sarana angkutan (transport) baik itu melalui jalan darat maupun laut. Departemen Distribusi dan Transportasi bertugas melayani (unit service) dan menjaga kelancaran pasokan semen baik dipasar, Packing Plant serta gudang milik PT Semen Padang. Distribusi dan Transportasi, dua kata yang memiliki makna yang berbeda, tetapi memiliki makna paralel yang selaras. Distribusi dapat terlaksana apabila didukung oleh transportasi. Dengan demikian, kelancaran suatu pendistribusian ditentukan oleh transportasi. Salah satu kendala pemasaran Semen Padang selama ini mungkin dalam hal Distribusi dan Transportasi, menyikapi hal tersebut, manajemen memutuskan untuk membentuk unit kerja yang baru yang bernama Departemen Distribusi dan Transportasi. Tujuannya adalah untuk menjamin ketersediaan pasokan semen dipasar-pasar Semen Padang. Departemen Distribusi dan Transportasi PT Semen Padang secara umum adalah suatu unit kerja yang menyediakan sarana angkutan (transport) baik itu melalui angkutan jalan darat maupun angkutan laut. Departemen Distribusi & Transportasi bertugas untuk menunjang Departemen Penjualan dalam memasarkan semen didalam negeri & Ekspor, mengatur dan menjaga pasokan semen didaerah-daerah dan mengirim semen kederah-daerah perwakilan berupa semen bag untuk gudang dan semen curah untuk packing plant perwakilan, membuat kantong semen dan melakukan pengantongan. Berdasarkan uraian di atas, penulis tertarik untuk membahas lebih lanjut dalam bentuk penelitian dengan judul :“KEGIATAN DISTRIBUSI DAN TRANSPORTASI DI PT. SEMEN PADANG”.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran |
Depositing User: | Ms Lyse Nofriadi |
Date Deposited: | 05 Feb 2016 07:16 |
Last Modified: | 05 Feb 2016 07:16 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/720 |
Actions (login required)
View Item |