ANALISIS TINGKAT KEUNTUNGAN USAHA PEMGGEMUKAN SAPI POTONG ( Studi Kasus : Usaha Peternakan UD-INDEX di Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman )

aslam, zikri (2021) ANALISIS TINGKAT KEUNTUNGAN USAHA PEMGGEMUKAN SAPI POTONG ( Studi Kasus : Usaha Peternakan UD-INDEX di Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman ). Diploma thesis, Universitas andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
COVER .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (pendahuluanj)
PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (bab akhir)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (skripis full)
skripsi AZ upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis aspek teknis serta menganalisis tingkat keuntungan usaha penggemukan sapi potong pada peternakan UD.INDEX selama tahun 2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Septembar 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus (case studi). Variabel yang diamati terdiri dari bakalan, pakan, tatalaksana penggemukan, perkandangan, pencegahan dan pengendalian penyakit, total penerimaan, total biaya produksi, pendapatan, serta ratio R/C. Analisis data dengan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan aspek teknis pada peternakan UD.INDEX sudah dilakukan dengan baik seperti persyaratan pemilihan bakalan sapi potong, pemberian pakan, tatalaksana penggemukan sapi potong, perkandangan, serta pengendalian dan pencegahan penyakit. Pemberian pakan hijauan untuk ternak sapi potong masih belum bisa dipenuhi dari lahan peternak sehingga peternak membeli hijauan setiap harinya. Pendapatan yang diperoleh peternak sebesar Rp. 317.412.000,-/tahun dengan rata-rata per bulan sebesar Rp. 26.451.000,-/bulan. Selama tahun 2018 peternak mendapatkan tingkat keuntungan dengan nilai R/C sebesar 1,1. Artinya usaha ini mengalami keuntungan. Penjulan sapi selama tahun 2018 sebanyak 125 ekor yang terdiri dari 17 ekor Sapi Simmental, 12 ekor Sapi Brahman, 14 ekor Sapi Limousin, dan 82 ekor Sapi Peranakan Ongole (PO).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir. Indira Adnani,MS Ir. Andri,MS
Uncontrolled Keywords: aspek teknis, pendapatan, dan ratio R/C
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 16 Feb 2021 08:19
Last Modified: 16 Feb 2021 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71999

Actions (login required)

View Item View Item