Prosedur Penerimaan Kas oleh Bendahara Penerimaan dan Pengeluaran Kas Oleh Bendahara Pengeluaran pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Padang

Defi, Mustika Sari (2021) Prosedur Penerimaan Kas oleh Bendahara Penerimaan dan Pengeluaran Kas Oleh Bendahara Pengeluaran pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK POINT 1.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Pendahuluan POINT 2.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V Penutup POINT 3.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka POINT 4.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
REVISI TURNITIN TA DEFI MUSTIKA SARI REAL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam prosedur Penerimaan dan Pengeluaran kas diperlukan adanya prosedur yang baik sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku. Prosedur penerimaan dan pengeluaran kas adalah suatu prosedur akuntansi yang dirancang untuk mencegah terjadinya kecurangan atau penyalahgunaan wewenang yang dapat mengakibatkan kerugian bagi suatu instansi. Penerimaan kas oleh Bendahara Penerimaan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) merupakan salah satu bentuk kewajiban bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melaksanakan pertanggungjawaban dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Di setiap SKPD mempunyai tugas memungut dan menerima pendapatan asli daerah wajib melaksanakan pemungutan dan penerimaan berdasarkan ketentuan yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. Sistem akuntansi pengeluaran kas proses mulai dari pencatatan,tujuan penggolongan, dan peringkasan transaksi /dan atau kejadian keuangan serta pelaporan keuangan dalam rangka pelaksanaan APBD yang berkenaan dengan pengeluara kas pada SKPD dan/ atau pada SKPKD yang dapat dilaksanakan secara manual maupun terkomputerisasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana prosedur penerimaan kas oleh bendahara penerimaan dan pengeluaran kas oleh bendahara pengeluaran pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Padang sudah sesuai dengan Permendagri Nomor 55 Tahun 2008. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Dalam Sistem Pengendalian Intern yang diterapkan dalam Badan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota padang sudah diterapkan secara efektif dan efisen dilihat dari unsur-unsur Sistem Pengendalian Intern. Pengendalian intern sangat berperan penting demi tercapainya pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra.Nini Syoriyeni,M.Si,Ak
Uncontrolled Keywords: Penerimaan kas, Pengeluaran Kas, Sistem Pengendalian Intern,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Keuangam
Depositing User: d3 keuangan negara
Date Deposited: 16 Feb 2021 07:16
Last Modified: 16 Feb 2021 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71962

Actions (login required)

View Item View Item