PENERAPAN BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) MENGGUNAKAN SOFTWARE TEKLA STRUCTURES PADA PEMBANGUNAN STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG KULIAH TERPADU KAMPUS III UIN IMAM BONJOL PADANG

Afifah, Khairani Arsal (2021) PENERAPAN BUILDING INFORMATION MODELING (BIM) MENGGUNAKAN SOFTWARE TEKLA STRUCTURES PADA PEMBANGUNAN STRUKTUR BANGUNAN GEDUNG KULIAH TERPADU KAMPUS III UIN IMAM BONJOL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
TA Afifah Khairani Arsal.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Abstrak Pada era sekarang ini perkembangan teknologi informasi sudah merambah ke bidang konstruksi. Salah satu wujud dari perkembangan teknologi di bidang konstruksi dikenal sebagai Building Information Modeling (BIM). BIM merupakan representasi digital dari karakter fisik dan fungsional suatu bangunan untuk beberapa tujuan, diantaranya pembuatan pemodelan, perhitungan volume pekerjaan, memprediksi anggaran biaya, penyusunan penjadwalan proyek, demonstrasi pekerjaan, dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan pemodelan 3D dan 4D menggunakan software Tekla Structures untuk menampilkan bentuk dari komponen struktur yang terintegrasi dengan jadwal pelaksanaannya 4D sehingga dapat ditampilkan demonstrasi pekerjaan proyek pembangunan Gedung Kuliah Terpadu Kampus III UIN Imam Bonjol Padang serta mengeksplorasi kelebihan software tekla structures dalam melakukan pemodelan 3D dan 4D. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa gambar DED (Detail Engineering Design) dan data schedule proyek yang diperoleh dari PT. PP (persero) selaku kontraktor dalam proyek tersebut. Selanjutnya dilakukan pemodelan struktur beton bertulang pada software tekla structures yang terdiri dari komponen struktur yang dilengkapi dengan detail tulangan dan model bekistingnya. Selanjutnya untuk memperoleh model 4D dilakukan dengan cara menambahkan informasi jadwal pelaksanaan proyek serta menghubungkan informasi tersebut dengan model 3D yang telah dibuat. Untuk menampilkan demonstrasi pekerjaan, digunakan feature project status visualizations yang terdapat pada software tekla structures sehingga dapat diamati visual progres proyek yang dapat ditinjau hari demi harinya. Selain itu, penelitian ini juga meninjau manfaat dan kelebihan dari penggunaan software tekla structures.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Benny Hidayat, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Building Information Modeling, Tekla Structures, Gedung
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 16 Feb 2021 07:19
Last Modified: 16 Feb 2021 07:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71960

Actions (login required)

View Item View Item