Pengaruh Konsentrasi Etanol Terhadap Kandungan Komponen Bioaktif Ekstrak Daun Binahong (Anredera Cordifolia (Ten) Steenis.) Serta Pemanfaatannya Dalam Pembuatan Permen Jelly

suci, oktarinsi (2021) Pengaruh Konsentrasi Etanol Terhadap Kandungan Komponen Bioaktif Ekstrak Daun Binahong (Anredera Cordifolia (Ten) Steenis.) Serta Pemanfaatannya Dalam Pembuatan Permen Jelly. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK-dikonversi.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI SUCI OKTARINSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi etanol terhadap komponen bioaktif, mengetahui konsentrasi etanol terbaik untuk ekstraksi komponen bioaktif daun binahong dan memanfaatkan ekstrak daun binahong untuk pembuatan permen jelly. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan sehingga diperoleh 15 unit percobaan, perlakuan A etanol 96%, perlakuan B etanol 71%, perlakuan C etanol 46%, perlakuan D etanol 21% dan perlakuan E yaitu etanol 0%. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan Analysis of Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi etanol yang digunakan pada proses ekstraksi daun binahong memberikan pengaruh berbeda tidak nyata terhadap kandungan komponen bioaktif ekstrak daun binahong. Konsentrasi etanol terbaik diperoleh dari perlakuan B yaitu konsentrasi 71%. ekstrak daun binahong yang dimanfaatkan pada pembuatan permen jelly telah sesuai dengan syarat mutu SNI serta dapat bersifat sebagai pangan fungsional karena mengandung aktivitas antioksidan yang cukup tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Gunarif Taib, M.Si
Uncontrolled Keywords: antioksidan, binahong, ekstrak, fenolik, flavonoid, permen.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 09 Mar 2021 07:08
Last Modified: 09 Mar 2021 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71921

Actions (login required)

View Item View Item