ANALISIS PERBANDINGAN KONTRIBUSI PAJAK HOTEL,PAJAK REKLAME, DAN PAJAK HIBURAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA PADANG SEBELUM DAN SESUDAH PENYELENGGARAAN EVENT TOUR de SINGKARAK (2007-2012)

PUTRI, KINANTI (2014) ANALISIS PERBANDINGAN KONTRIBUSI PAJAK HOTEL,PAJAK REKLAME, DAN PAJAK HIBURAN TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KOTA PADANG SEBELUM DAN SESUDAH PENYELENGGARAAN EVENT TOUR de SINGKARAK (2007-2012). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201411051030th_skripsi pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kontribusi pajak hotel, pajak reklame dan pajak hiburan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebelum dan sesudah penyelenggaraan event tour de singkarak di Kota Padang (tahun 2007-2012). Dalam penelitian ini terdapat 3 variabel independen yaitu pajak hotel, pajak reklame, dan pajak hiburan dengan satu variabel dependen yaitu Pendapatan Asli Daerah. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah denganmetode deskriptif kuantitatif yang menggunakan metode komparatif (perbandingan). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwaselama tahun 2007-2012, Pajak Hotel memberikan kontribusinya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang rata-rata sebesar 5,90%.Pada Tahun 2009 pada saat penyelenggaraan tour de singkarak kontribusi yang diberikan sebesar 5,75%. Kontribusi sebelum tour de singkarak yaitu Tahun 2007 sebesar 4,98% dan untuk Tahun 2008 sebesar 6,43%. Sedangkan kontribusi yang diberikan Pajak Hotel setelah penyelenggaraan tour de singkarak yaitu Tahun 2010 sebesar 5,24%, Tahun 2011 sebesar 5,27% dan Tahun 2012 sebesar 7,77%.Setelah menghitung dan membandingkan kontribusi yang didapat sebelum dan setelah penyelenggaraan event tour de singkarak kesimpulan yang didapat adalah pada tahun sebelum penyelenggaraan tour de singkarak pajak hotel lebih banyak memberikan kontribusi dibandingkan tahun setelah penyelenggaraannya yang rata-rata memberikan kontribusi 6,09%.Pajak Reklame selama Tahun 2007-2008 yakni sebelum diadakannya tour de singkarak memberikan rata-rata kontribusi 3,3% pada Pendapatan Asli Daerah Kota Padang. Sedangkan, rata-rata kontribusi pajak reklame setelah tour de singkarak adalah 2,54%.Dapat dilihat bahwa persentase rata-rata kontribusi pajak reklame lebih banyak pada tahun sebelum tour de singkarak. Dikarenakan penyelenggeraan tour de singkarak tidak memungut pajak atas setiap reklame, Sehingga pajak reklame tidak terlalu berpengaruh terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padang.Pajak Hiburan selama 2007-2012 memberikan rata-rata kontribusi hanya sebesar 0,66%, yaitu pada tahun sebelum tour de singkarak yaitu tahun 2007-2008 merupakan tahun dimana pajak hiburan lebih banyak memberikan kontribusi, tahun 2007 sebesar 1,11% dan tahun 2008 sebesar 0,43% sedangkan pada tahun setelah tour de singkarak rata-rata kontribusi yang diberikan oleh pajak reklame hanya 0,61% sama halnya dengan pajak reklame, pajak hiburan hanya memberikan sedikit kontribusi kepada Pendapatan Asli Daerah Kota Padang. Kata Kunci: Kontribusi, Pajak Hotel, Pajak Reklame, Pajak Hiburan, Pendapatan Asli Daerah, Event Tour de Singkarak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 03 May 2016 09:46
Last Modified: 03 May 2016 09:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7179

Actions (login required)

View Item View Item