Studi Pengaruh Lebar Jalur Jalan Terhadap Kecepatan Sepeda Motor Pada Arus Lalu Lintas Bercampur

Alfandi, Eswan (2020) Studi Pengaruh Lebar Jalur Jalan Terhadap Kecepatan Sepeda Motor Pada Arus Lalu Lintas Bercampur. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
Bab Penutup.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftarpustaka.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Fulltext)
TA lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara berkembang dengan tingkat pertumbuhan angka pemilik kendaraan yang tinggi khususnya sepeda motor. Angka pertumbuhan sepeda motor di Indonesia pertahun berkisar antara 6,35% hingga 12,71% pada 10 tahun terakhir., menunjukkan betapa pesatnya pertumbuhan sepeda motor di Indonesia. Pertumbuhan angka sepeda motor yang tinggi ini berimbas kepada kepadatan lalu lintas yang tinggi akibat banyaknya sepeda motor yang memenuhi ruas jalan di sela antara kendaraan jenis lainnya yang merupakan wujud dari kondisi kepadatan lalu lintas pada arus lalu lintas yang bercampur. Kondisi arus lalu lintas yang bercampur mengakibatkan keterbatasan ruang bagi pengendara sepeda motor untuk melintas dan akan berimbas kepada kecepatan sepeda motor yang rendah, sehingga lebar jalur pada arus lalu lintas yang bercampur akan berpengaruh terhadap kecepatan dari sepeda motor. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui survei lalu lintas dengan metoda perekaman video selama 3 waktu jam sibuk, yaitu pada pukul 06:00 – 08:00, 11:00 – 13:00 dan 16:00 – 18:00. Hasil perekaman video berupa waktu tempuh kendaraan sepeda motor pada segmen tertentu jalur jalan untuk mendapatkan besarnya kecepatan pada ruas jalan Dr.Soetomo dan ruas jalan Dr.Moh.Hatta yang memiliki lebar jalur yang berbeda. Data kecepatan ditampilkan dalam grafik. Untuk menentukan pengaruh lebar jalan terhadap kecepatan rata – rata digunakan uji tes hipotesis dua populasi (uji Z). Berdasarkan hasil uji Z, diperoleh bahwa pada periode pukul 06:00 – 08:00 dan pukul 16:00 – 18:00, kecepatan pada ruas jalan Dr.Soetomo lebih tinggi dibandingkan kecepatan pada ruas jalan Dr.Moh.Hatta, dan pada periode 11:00 – 13:00 kecepatan sepeda motor pada ruas jalan Dr.Soetomo sama dengan kecepatan pada ruas jalan Dr.Moh.Hatta menurut hasil uji Z two-tail.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Titi Kurniati, MT.
Uncontrolled Keywords: Kecepatan Sepeda Motor, Lebar jalur, Analisis Statistik Z – test.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:15
Last Modified: 15 Feb 2021 04:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71692

Actions (login required)

View Item View Item