PERBEDAAN STATUS GIZI BAYI USIA 4-6 BULAN YANG DIBERI ASI EKSKLUSIF DENGAN BAYI YANG DIBERI ASI NON EKSKLUSIF

Frisna, Dwika Maheni (2020) PERBEDAAN STATUS GIZI BAYI USIA 4-6 BULAN YANG DIBERI ASI EKSKLUSIF DENGAN BAYI YANG DIBERI ASI NON EKSKLUSIF. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img] Text (Studi Literatur fulltext)
Studi Literatur fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang dan tujuan studi literatur World Health Organization (WHO) merekomendasikan agar bayi tetap diberikan ASI eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan bayi. Namun, terdapat beberapa kendala yang menyebabkan ibu tidak dapat memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Pada saat usia bayi memasuki 4 hingga 6 bulan, kesempatan memberikan ASI eksklusif semakin berkurang karena berbagai faktor salah satunya adalah ibu yang kembali bekerja dapat menjadi hambatan untuk memberikan ASI eksklusif. Tak jarang ibu lebih memilih memberikan susu formula atau makanan pendamping ASI secara dini pada bayinya agar lebih praktis. Studi literatur ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan status gizi bayi yang diberi ASI eksklusif dengan bayi yang diberi ASI non eksklusif pada usia 4 sampai 6 bulan. Metode Studi literatur ini bersifat semi-kuantitatif dengan menggunakan metode tinjauan naratif (narrative review). Pencarian artikel diakses dari database didapatkan 40 artikel yang memenuhi kriteria. Hasil Terdapat perbedaan pada status gizi bayi yang diberi ASI eksklusif dengan bayi yang diberi ASI non eksklusif. Kesimpulan Bayi yang diberi ASI eksklusif pada usia 4 sampai 6 bulan memiliki status lebih baik dibandingkan bayi yang diberi ASI non eksklusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Abdiana, S.KM, M.Epid
Uncontrolled Keywords: Praktik pemberian makanan bayi, status gizi bayi, pemberian MPASI dini, ASI eksklusif, susu formula, berat badan bayi
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:42
Last Modified: 15 Feb 2021 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71665

Actions (login required)

View Item View Item