HUBUNGAN STATUS GIZI, UMUR, DAN JENIS KELAMIN DENGAN DERAJAT PNEUMONIA PADA BALITA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG PERIODE JANUARI 2018 – DESEMBER 2018

Faris, Saadi Firdaus (2021) HUBUNGAN STATUS GIZI, UMUR, DAN JENIS KELAMIN DENGAN DERAJAT PNEUMONIA PADA BALITA DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG PERIODE JANUARI 2018 – DESEMBER 2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pneumonia pada balita merupakan masalah kesehatan di negara berkembang, termasuk Indonesia. Morbiditas pneumonia di Propinsi Sumatera Barat dan Kota Padang tercatat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi, umur dan jenis kelamin dengan derajat pneumonia pada pasien balita di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan potong lintang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 57 orang balita penderita pneumonia di RSUP Dr. M. Djamil Padang periode Januari – Desember 2018. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Data diambil dari instalasi rekam medis RSUP Dr. M. Djamil Padang. Data dianalisis dengan menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan angka kejadian paling tinggi terdapat pada derajat pnemonia berat (64,9%), kelompok umur 2-24 bulan (73,7%), jenis kelamin laki-laki (52,6%), dan status gizi baik dan lebih (64,9%). Hasil uji chi-square yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara status gizi, umur, dan jenis kelamin dengan derajat pneumonia masing-masing sebesar p=0,015, p=0,033, dan p=0,532. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapatnya hubungan antara status gizi dan umur dengan derajat pneumonia, namun tidak terdapat hubungan antara jenis kelamin dengan derajat pneumonia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Eva Chundrayetti, Sp.A(K)
Uncontrolled Keywords: Faktor Risiko, Pneumonia Berat, Pneumonia Sangat Berat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:27
Last Modified: 15 Feb 2021 06:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71638

Actions (login required)

View Item View Item