HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR, RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN RIWAYAT PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) TERHADAP KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 24-59 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG

Dilla, Radilla Syafitri (2021) HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR, RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN RIWAYAT PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) TERHADAP KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA 24-59 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Stunting merupakan tinggi badan menurut usia kurang dari -2SD di bawah standar deviasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan berat badan lahir, riwayat pemberian ASI eksklusif dan riwayat pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) terhadap kejadian stunting pada anak usia 24-59 bulan di wilayah kerja Puskesmas Andalas Padang. Metode Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik observasional dengan pendekatan studi case control. Populasi terbagi menjadi dua, populasi kasus dan populasi kontrol. Besar sampel yaitu 30 orang yang diambil secara simple random sampling dengan perbandingan kasus : kontrol (1:1). Data diperoleh dari puskesmas dan hasil wawancara terpimpin dengan responden menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah univariat, bivariat, dan multivariat. Hasil Hasil penelitian ini menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara berat badan lahir (p=0,041;OR=4,333), waktu pemberian MP-ASI (p=0,004 ;OR=5,675), jenis MP-ASI (p=0,034;OR=3,755), porsi MP-ASI (p=0,003; OR=6,538) dengan kejadian stunting. Sedangkan riwayat pemberian ASI eksklusif (p=0,411;OR=1,833), frekuensi pemberian MP-ASI (p=0,288;OR=2,042), dan tekstur MP-ASI (p=0,196 ;OR=2,259) tidak memiliki hubungan yang bermakna dengan kejadian stunting. Kesimpulan Berat badan lahir rendah, waktu, jenis,dan porsi MP-ASI berhubungan bermakna dengan kejadian stunting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Aldina Ayunda Insani, S.Keb.,Bd.,M.Keb
Uncontrolled Keywords: Stunting, Berat Badan Lahir, ASI Eksklusif, MP-ASI
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 16 Feb 2021 07:49
Last Modified: 16 Feb 2021 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71591

Actions (login required)

View Item View Item