Kata Bantu Bilangan Penghitung Bahan-Bahan Masakan dalam Bahasa Minangkabau di Nagari Kapau Alam Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan

Retno, Monica (2021) Kata Bantu Bilangan Penghitung Bahan-Bahan Masakan dalam Bahasa Minangkabau di Nagari Kapau Alam Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Penutup)
BAB IV penutup.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Retno Monica, No. Bp 1510722037, Kata Bantu Bilangan Penghitung Bahan-Bahan Masakan dalam Bahasa Minangkabau di Nagari Kapau Alam Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan. Skripsi. Padang. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. 2020. Pembimbing I: Dra. Sri Wahyuni, M. Ed. Pembimbing II: Sonezza Ladyanna, S.S., M.A. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) apa sajakah kata bantu bilangan yang digunakan untuk menghitung bahan-bahan masakan dalam bahasa Minangkabau di Nagari Kapau Alam Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan? 2) bagaimanakah pengklasifikasian kata bantu bilangan penghitung bahan-bahan masakan dalam bahasa Minangkabau oleh masyarakat di Nagari Kapau Alam Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan?. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan kata bantu bilangan yang digunakan untuk menghitung bahan-bahan masakan dalam bahasa Minangkabau di Nagari Kapau Alam Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan 2) mengklasifikasikan kata bantu bilangan penghitung bahan-bahan masakan dalam bahasa Minangkabau oleh masyarakat di Nagari Kapau Alam Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan. Ada tiga tahapan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini, yaitu (1) tahap penyediaan data, (2) tahap analisis data, dan (3) tahap penyajian hasil analisis data. Pada tahap penyediaan data, digunakan metode cakap dengan teknik dasarnya adalah teknik pancing dan teknik lanjutannya adalah teknik cakap semuka, teknik rekam, dan teknik catat. Pada tahap analisis data, metode yang digunakan adalah metode padan. Metode padan yang digunakan adalah metode padan translasional dan metode padan referensial. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu (PUP) dengan teknik lanjutan menggunakan teknik hubung banding memperbedakan (HBB). Pada tahap penyajian hasil analisis data, digunakan metode formal dan metode informal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh (1) dalam bahasa Minangkabau di Nagari Kapau Alam Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan, ditemukan kata bantu bilangan penghitung bahan-bahan masakan, di antaranya jeghai, kaghek, puyen, puyuak, sayak, peseang, alai, uwe, papan, umpun; (2) Kata bantu bilangan bahasa Minangkabau di Nagari Kapau Alam Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan diklasifikasikan menjadi kata bantu bilangan individual, kata bantu bilangan kolektif, dan kata bantu bilangan ukuran. Kata Kunci: Kata Bantu Bilangan, Kata Bantu Bilangan Individual, Kata Bantu Bilangan Kolektif, Kata Bantu Bilangan Ukuran, Bahan-Bahan Masakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Sri Wahyuni, M. Ed
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 15 Feb 2021 02:21
Last Modified: 15 Feb 2021 02:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71589

Actions (login required)

View Item View Item