Pengalaman Komunikasi Guru Pasambahan Kajian Fenomenologi tentang Pengajaran Pasambahan di Desa Sikapak Barat Kota Pariaman

Jecki, Andre Saputra (2021) Pengalaman Komunikasi Guru Pasambahan Kajian Fenomenologi tentang Pengajaran Pasambahan di Desa Sikapak Barat Kota Pariaman. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover + abstrak.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Updated Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL DAN TURNITIN)
TESIS FULL+turnitin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Pasambahan merupakan salah satu jenis sastra lisan Minangkabau yang memiliki nilai – nilai budaya dengan bahasa yang halus. Untuk menjaga kelestarian dan keasliannya dibutuhkan peranan seorang guru. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan dan mengajarkan cara berkomunikasi dengan menggunakan bahasa pasambahan.Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghimpun pengalaman guru pasambahan dalam mengajarkan pasambahan kepada murid-muridnya, menganalisis konsep-konsep dan berbagai gagasan yang tersembunyi di balik pengalaman guru pasambahan, serta menemukan makna esensial-transenden dari pengalaman guru pasambahan. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Sedangkan metode yang digunakan adalah fenomenologi Edmund Husserl. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman guru dalam mengajarkan pasambahan kepada murid-muridnya yang pertama,terlihat dari proses selama guru mengajarkan pasambahan. Kedua, keterlibatan pemerintah desa untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar pasambahan. ketiga, adanya tata cara dan aturan dalam belajar pasambahan yang menggunakan sistim hafalan. Semua murid diajak mendengar setiap kata-kata yang diucapkan oleh guru dan dijelaskan maksudnya. Selanjutnya ditemukan beberapa konsep dan gagasan yang tersembunyi dibalik pengalaman guru pasambahan dalam mengajarkan kepada murid-muridnya. Pertama, sebagai sarana pelestarikan budaya. Kedua, adanya perbedaan dialek antar daerahseperti perumpamaan yang digunakan dalam pasambahan antar daerah tidak sama. Ketiga, susunan dan tahapan dalam pasambahan seperti sitinahkato (kata pembuka), sambah(sembah), sighih (sirih), maksud dan tujuan. Makna Esensial-Transenden yang ditemukan adalah adanya kepuasan batin dari guru ketika muridnya mampu mencapai tujuan yang diharapkan dan bagi yang mempelajari pasambahan ini cenderung memiliki kepribadian dan tingkah laku yang baik, sopan, santun dan menjadi contoh bagi masyarakat. Kata Kunci : Pengalaman, Komunikasi, Guru Pasambahan, Makna, Desa Sikapak Barat, Kota Pariaman

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.Ikom
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 15 Feb 2021 08:42
Last Modified: 15 Feb 2021 08:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71479

Actions (login required)

View Item View Item