Kondisi Sanitasi Pemerahan Terhadap Kadar Air, pH Dan Total Plate Count (TPC) Susu Di Peternakan Kambing Peranakan Etawa Rantiang Ameg Kecamatan Canduang Kabupaten Agam

Aufa, Amami (2020) Kondisi Sanitasi Pemerahan Terhadap Kadar Air, pH Dan Total Plate Count (TPC) Susu Di Peternakan Kambing Peranakan Etawa Rantiang Ameg Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak aufa.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
BAB I Aufa.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5 penutup)
BAB V Aufa.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Aufa.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
SKRIPSI Aufa Amami FULL FIX UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sanitasi pemerahan terhadap kadar air, pH dan Total Plate Count (TPC), susu kambing Peranakan Etawa di Peternakan Rantiang Ameh, Kecamatan Canduang Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan susu kandang sebanyak 500 ml dari kambing Peranakan Etawa laktasi 1 dan 2 pada bulan laktasi ke-3 sebanyak 20 ekor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, pengamatan, wawancara dengan peternak dan analisis laboratorium. Peubah yang diamati adalah kadar air, pH dan Total Plate Count (TPC), susu kambing Peranakan Etawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rataan kadar air susu adalah 83±0,127% dan rataan pH 6,8±0,035, sedangkan rataan TPC susu kambing Peranakan Etawa adalah 2,3 x 〖10〗^5±0,989 CFU/ml. Penerapan Aspek Teknis pada Usaha Peternakan Rantiang Ameh Kecamatan Canduang Kabupaten Agam mendapat skor 89% yang merupakan termasuk dalam kategori baik (skor 81-100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas susu kambing Peranakan Etawa di Peternakan Rantiang Ameh sudah baik dan telah sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) 2011. Kata kunci: Kambing Peranakan Etawa, Kadar Air, pH, Total Plate Count (TPC), Sanitasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Arief, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:09
Last Modified: 15 Feb 2021 04:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71401

Actions (login required)

View Item View Item