EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RS. JIWA. PROF. HB. SA’ANIN PADANG

Wira, Firmalinda (2014) EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL PETUGAS PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT JALAN RS. JIWA. PROF. HB. SA’ANIN PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Tesis Full Text)
201411040845th_tesis pdf oke_4_2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)

Abstract

Komunikasi yang dilakukan oleh petugas rumah sakit merupakan ujung tombak pertama yang akan mencerminkan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh rumah sakit tersebut. Dalam pelaksanaan komunikasi interpersonal agar lebih efektif harus memperhatikan hal umum yaitu keterbukaan (openness), empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (positiveness) dan kesetaraan (quality). Penelitian ini bertujuan menjelaskan efektivitas komunikasi interpersonal petugas dan faktor yang menjadi penghambat efektivitas komunikasi interpersonal Petugas Pelayanan. Pendekatan penelitian ini kualitatif, menjelaskan makna dari realita yang sedang terjadi bukan menjelaskan hubungan antar variabel. Informan penelitian petugas dan pengunjung di Instalasi Rawat Jalan RS Jiwa Prof. HB. Sa’anin Padang. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data Miles dan Huberman. Validasi data yang peneliti lakukan adalah triangulasi dengan sumber dan teknik. Peneliti menggunakan teori Devito tentang efektivitas komunikasi interpersonal petugas di Instalasi Rawat Jalan RS Jiwa Prof. HB. Sa’anin Padang. Hasil penelitian, petugas front office belum melaksanakan komunikasi interpersonal yang efektif dalam memberikn pelayanan terhadap pengunjung. Berbeda dengan petugas medis, rata –rata semua petugas medis sudah melaksanakan komunikasi interpersonal secara efektif. Faktor penghambat efektifitas komunikasi interpersonal oleh petugas adalah masih adanya petugas yang belum kredibel atau mempunyai kapasitas yang masih rendah sehingga belum bisa menerapkan komunikasi interpersonal secara optimal.Faktor lain yang menjadi penghambat adalah belum optimal pemanfaatan media oleh petugas. Disarankan perlu adanya pembekalan komunikasi interpersonal terhadap semua petugas melalui pelatihan dan perlu adanya optimalisasi media oleh petugas dalam melaksanakan layanan pada pengunjung. Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, efektivitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 03 May 2016 08:48
Last Modified: 03 May 2016 08:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7139

Actions (login required)

View Item View Item