Pemanfaatan Ekstrak Daun Bengkuang (Pachyrhizus Erosus L. Urban) Sebagai Inhibitor Ramah Lingkungan Korosi Baja Dalam Medium Asam

Ilham, Novesatrio (2021) Pemanfaatan Ekstrak Daun Bengkuang (Pachyrhizus Erosus L. Urban) Sebagai Inhibitor Ramah Lingkungan Korosi Baja Dalam Medium Asam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN (1).pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Ful Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai ekstrak daun bengkuang (Pachyrhizus erosus L. Urban) sebagai inhibitor ramah lingkungan pada korosi baja. Inhibisi korosi ekstrak daun bengkuang dipelajari dengan menggunakan metode kehilangan berat, analisi Fourier Transform Infrared (FTIR), polarisasi potensiodinamik dan karakterisasi menggunakan Scanning Electron Microscopy (SEM). Berdasarkan metode kehilangan berat didapatkan bahwa laju korosi menurun dengan meningkatnya konsentrasi ekstrak daun bengkuang dan laju korosi meningkat dengan meningkatnya suhu. Efisiensi inhibisi terbesar terjadi pada konsentrasi 10 g/L saat suhu 30ºC dengan nilai efisiensi inhibisinya sebesar 95.64%. Pergeseran spektrum gugus fungsi pada analisis FTIR dari ekstrak daun bengkuang dan produk korosi membuktikan terjadinya interaksi antara ekstrak daun bengkuang dengan permukaan baja. Pengukuran polarisasi potensiodinamik menunjukkan bahwa inhibitor ekstrak daun bengkuang merupakan inhibitor campuran. Isoterm adsorpsi mengikuti isoterm adsorpsi Langmuir. Hasil analisis SEM menunjukkan perbedaan morfologi pada permukaan baja yang direndam dengan ada dan tanpa adanya penambahan ekstrak daun bengkuang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Pembimbing I : Yeni Stiadi, MS Pembimbing II : Prof. Dr. Emriadi, M.Si
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: s1 kimia kimia
Date Deposited: 17 Feb 2021 08:05
Last Modified: 17 Feb 2021 08:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71377

Actions (login required)

View Item View Item