PENGARUH TAKAH, TAGEH DAN TOKOH TERHADAP PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT SUMATERA BARAT PADA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2019

muhammad, padli (2020) PENGARUH TAKAH, TAGEH DAN TOKOH TERHADAP PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT SUMATERA BARAT PADA PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover-abstrak.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 6)
BAB 6.pdf - Updated Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka (2).pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi,padli.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (81MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Padli,1610833003. Skripsi dengan judul Pengaruh Takah, Tageh dan Tokoh Terhadap Perilaku Memilih Masyarakat Sumatera Barat Pada Pemilihan Presiden Tahun 2019. Sebagai Pembimbing I Dr. Aidinil Zetra,MA dan Pembimbing II Dewi Anggraini, S.IP,M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyelenggaraan Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Sumatera Barat yang mayoritas masyarakatnya beretnis Minangkabau. Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Sumatera Barat dimenangkan oleh Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dengan persentase kemenangan sebanyak 85,91%, sedangkan untuk pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin hanya mendapatkan perolehan suara dengan persentase 14,09%. Peneliti berasumsi bahwa adanya pengaruh sistem nilai-nilai budaya Minangkabau terhadap persepsi masyarakat Minangkabau terhadap takah, tageh dan tokoh dalam memilih pemimpin, yang hingganya menjadi penyebab Joko widodo kalah di Pemilihan Presiden di Sumatera Barat. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Pengaruh Takah, Tageh dan Tokoh Terhadap Perilaku Memilih Masyarakat Sumatera Barat Pada Pemilihan Presiden Tahun 2019. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan pengaruh takah, tageh dan tokoh terhadap perilaku memilih masyarakat Minangkabau pada Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Sumatera Barat, dan menjelaskan pengaruh takah, tageh dan tokoh terhadap kekalahan Joko Widodo pada Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Sumatera Barat. Teori yang digunakan yaitu teori perilaku memilih dengan menggunakan mazhab psikologis dan indikator orientasi terhadap kandidat, selanjutnya konsep dan persepsi tentang Takah, Tageh dan Tokoh. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode penelitian Kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif, data didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner, responden dipilih menggunakan metode bertahap (multy stage sampling) yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan SPSS 16. Pengujian hipotesis menggunakan uji tabulasi silang dan uji korelasi Kendall Tau. Pada penelitian ini, terdapat pengaruh Penerapan dan Pemahaman Nilai-Nilai Budaya Minangkabau terhadap persepsi masyarakat Minangkabau dalam memilih pemimpin yang berorientasi kepada takah, tageh dan tokoh. Hipotesis selanjutnya yaitu Pengaruh ttageh dan tokoh terhadap perilaku memilih masyarakat Minangkabau pada Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Sumatera Barat, hasil Uji Kendall Tau menunjukan hasil, tidak terdapatnya pengaruh persepsi terhadap takah terhadap perilaku memilih masyarakat Minangkabau pada Pemilihan Presiden Tahun 2019, sedangkan untuk persepsi terhadap tageh dan tokoh memberikan pengaruh terhadap perilaku memilih Masyarakat Minangkabau Pada Pemilihan Presiden Tahun 2019. Kata Kunci : Pemahaman dan Penerapan Nilai-Nilai Budaya Minangkabau, Persepsi Terhadap Takah, Tageh dan Tokoh, Sumatera Barat, Pemilihan Presiden Tahun 2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, MA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pemahaman dan Penerapan Nilai-Nilai Budaya Minangkabau, Persepsi Terhadap Takah, Tageh dan Tokoh, Sumatera Barat, Pemilihan Presiden Tahun 2019.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 11 Feb 2021 08:42
Last Modified: 11 Feb 2021 08:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71359

Actions (login required)

View Item View Item