Ulya, Nikmatul (2021) PENGARUH PENGGUNAAN BIOFLOK TERHADAP KUALITAS AIR (BOD, COD, DO, Cu, Fe, Zn) SERTA PERTUMBUHAN IKAN NILA DAN TANAMAN SAWI SAMHONG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (228kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full Nikmatul Ulya)
Skipsi Full Nikmatul Ulya.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Teknologi Bioflok merupakan teknologi penggunaan bakteri baik heterotrof maupun autotrof yang dapat mengkonversi limbah organik secara intensif menjadi kumpulan mikroorganisme yang berbentuk flok, kemudian dapat dimanfaatkan oleh ikan sebagai sumber makanan. Selanjutnya teknologi ini diaplikasikan dalam Sistem Akuaponik Nutrisi Lapisan Tipis (NFT), dengan tujuan memperbaiki kualitas air (BOD, COD, DO, Cu, Fe, Zn). Dari penelitian yang telah dilakukan, dibandingkan dengan Peraturan Pemerintah Indonesia No.82 Tahun 2001, dan kualitas air pada sistem akuaponik, yaitu DO >4 mg/L, COD <25 mg/L, BOD <3 mg/L dan Cu 0,02 mg/L, Fe 0,3 mg/L, Zn 0,05 mg/L. Nilai COD dan Cu berada dibawah baku mutu, kecuali nilai DO, BOD, Fe dan Zn. Selanjutnya aplikasi teknologi bioflok pada sistem akuaponik layak digunakan untuk memperbaiki kualitas air. Kata Kunci : Teknologi Bioflok, Sistem akuaponik NFT, kualitas air (BOD, COD, DO, Cu, Fe, Zn).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Prof. Dr. Deswati |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | s1 kimia kimia |
Date Deposited: | 15 Feb 2021 02:18 |
Last Modified: | 15 Feb 2021 02:18 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71328 |
Actions (login required)
View Item |