Analisi Festival Pamalayu sebagai Saluran Komunikasi dalam Internalisasi Budaya (Studi Kasus Ekspedisi Pamalayu di Kabupaten Dharmasraya )

Ongky, Andriawan (2021) Analisi Festival Pamalayu sebagai Saluran Komunikasi dalam Internalisasi Budaya (Studi Kasus Ekspedisi Pamalayu di Kabupaten Dharmasraya ). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL VERSION - Ongky Andriawan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Peneliti melakukan penelitian ini dengan maksud untuk mengetahui dan menganalisis penyelenggaraan Festival Pamalayu sebagai sebuah saluran komunikasi dalam internalisasi budaya serta makna dan perasaan unik yang muncul di kalangan masyarakat setelah Festival Pamalayu digelar. Untuk membahas bahasan tersebut, peneliti menggunakan dua teori. Pertama, teori konstruksi realitas sosial untuk menganalisis dan menjelaskan proses pembentukan makna melalui penyelenggaraan festival di kalangan masyarakat Dharmasraya. Kedua, peneliti menggunakan teori place identity untuk kemudian menjelaskan makna dan perasaan yang terbentuk setelah pelaksanaan festival. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sementara paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan beberapa masyarakat dari berbagai latarbelakang dan penyelenggara festival. Hasil penelitian menunjukan bahwa Festival Pamalayu sebagai saluran komunikasi dalam internalisasi budaya melalui segala prosesnya telah membentuk makna dan perasaan komunal yang unik bagi masyarakat terhadap tempat, daerah dan festival itu sendiri. Muncul rasa ingin memajukan daerah dan perasaan bangga karena telah lahir di sebuah daerah yang memiliki sejarah besar di masa lalu. Lebih jauh, Festival Pamalayu ternyata mampu membentuk sebuah identitas imajiner kabupaten Dharmasraya sebagai Negeri Para Raja lewat penyelenggaraannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Festival, saluran Komunikasi, internalisasi, Pamalayu
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 11 Feb 2021 08:21
Last Modified: 11 Feb 2021 08:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71320

Actions (login required)

View Item View Item