Analisis Kapasitas Feser pada Pier Cap Jembatan dengan Metode Elemen Hingga

Suci, Utari (2021) Analisis Kapasitas Feser pada Pier Cap Jembatan dengan Metode Elemen Hingga. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img] Text (Text Full)
TEXT FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kapasitas geser pada Pier Cap jembatan dengan metode elemen hingga. Proses analisa dilakukan melalui software ATENA 2D. Model benda uji yang dianalisa ada 8 dengan variasi diameter tulangan dan spasi sengkang. Variasi diameter sengkang yang dipakai yaitu D10M dan D15M. Sementara untuk spasi sengkang yang dipakai yaitu 100 mm, 200 mm, 300mm dan 400 mm. Pembebanan pad Pier Cap diberikan pada kedua ujung pier dengan posisi perletakan berada pada pier coulumn. Setelah proses analisa melalui software ATENA 2D diperoleh hasil berupa grafik beban vs perpindahan dan pola retak. Dari enam variasi yang telah dilakukan analisanya, dapat dijelaskan bahwa rasio tulangan memengaruhi kapasitas geser dari Pier Cap. Semakin besar rasio tulangan maka kapasitas geser Pier Cap juga akan meningkat. Hal sebaliknya akan terjadi, jika rasio tulangan semakin kecil, maka kapasitas geser Pier Cap juga kecil. Disamping itu spasi antar sengkang juga memengaruhi kapasitas geser dari Pier Cap. Semakin kecil spasi antar sengkang maka kapasitas Pier Cap akan semakin besar. Hasil lain yang diperoleh dari analisa adalah pola retak yang muncul pada Pier Cap akibat diberi beban. Pola retak yang terbentuk dari kedelapan model Pier Cap adalah semakin kecil jarak spasi sengkang maka pola retak yang cenderung timbul adalah retak lentur, sementara semakin besar spasi sengkang pola retak yang timbul adalah retak geser. Kata kunci: Pier Cap, kapasitas geser, rasio tulangan dan jarak antar sengkang, atena, pola retak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nidiasari, MT
Uncontrolled Keywords: Pier Cap, kapasitas geser, rasio tulangan dan jarak antar sengkang, atena, pola retak.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:04
Last Modified: 11 Feb 2021 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71290

Actions (login required)

View Item View Item