Implementasi Peraturan Walikota Nomor 30 tahun 2019 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas, fungsi, serta tata kerja unit pelaksana teknis daerah pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh

Lara, Tria Monica (2021) Implementasi Peraturan Walikota Nomor 30 tahun 2019 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas, fungsi, serta tata kerja unit pelaksana teknis daerah pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Kesimpulan dan Saran))
BAB Akhir (penutup dan kesimpulan).pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI Lara Tria Monica 1710843019_compressed_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lara Tria Monica, 1710843019, Implementasi Peraturan Walikota Nomor 30 tahun 2019 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas, fungsi, serta tata kerja unit pelaksana teknis daerah pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, Padang, 2020 yang dibimbing oleh Wewen Kusumi Rahayu, S.AP, M.Si dan Dr. Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM. Skripsi ini terdiri dari 176 halaman dengan referensi 10 buku teori, 3 buku metode, 3 skripsi, 2 jurnal, 1 undang-undang, 1 peraturan walikota, dan 6 website internet. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kebijakan Pemerintah Kota Payakumbuh yang berkomitmen untuk mengembangkan IKM Rendang dengan membentuk UPTD Pusat Pelayanan dan Pengembangan Rendang (P3R) melalui Peraturan Walikota Payakumbuh Nomor 30 tahun 2019 tentang kedudukan, susunan organisasi, tugas, fungsi, serta tata kerja UPTD pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh. UPTD P3R memiliki tugas melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan atau kegiatan teknis penunjang Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh dibidang Pelayanan dan Pengembangan Rendang, serta selaku pengelola Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh. Dalam proses implementasinya kebijakan ini menghadapi persoalan seperti pegawai UPTD P3R belum berpedoman penuh pada SOP dan belum sepenuhnya memiliki sense of belonging terhadap pekerjaan, keterbatasan gedung produksi di Sentra IKM Rendang, Alat operasional produksi-hingga pengemasan rendang yang masih minim, serta pasar yang ditargetkan belum didapatkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan informan yang dipilih melalui teknik purposive sampling, pengumpulan data juga dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Dalam analisis implementasi kebijakan menggunakan teori Donald S. Van Meter dan Carl E. Van Horn (1975) yang terdiri dari 6 variabel utama dan data diolah menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Peraturan Walikota Nomor 30 tahun 2019 yang dianalisis dengan Teori Van Meter Van Horn belum sepenuhnya berjalan dengan maskimal akibat kendala pada sumber daya manusia di bidang operator dan teknisi, kurangnya anggaran dan peralatan dari segi kuantitas, disposisi implementor yang terhambat akibat kurangnya sosialisasi kebijakan kepada seluruh implementor terkait, serta kondisi lingkungan ekonomi, sosial, dan politik yang kurang baik karena dampak kebijakan tidak dapat dirasakan langsung oleh publik meskipun peranan elit politik sudah terlihat. Sedangkan variabel lain seperti standar dan sasaran kebijakan, komunikasi antar-implementor, dan karakteristik agen pelaksana sudah memadai dan mendukung keberhasilan implementasi kebijakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Wewen Kusumi Rahayu, S.AP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Pengembangan, Industri
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 11 Feb 2021 04:09
Last Modified: 11 Feb 2021 04:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71236

Actions (login required)

View Item View Item