PENGARUH PEMBERIAN SARI BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia L) TERHADAP LEMAK DAN KOLESTEROL DAGING PAHA SERTA LEMAK PADA HATI AYAM BROILER

Shally, Handayani (2021) PENGARUH PEMBERIAN SARI BUAH MENGKUDU (Morinda citrifolia L) TERHADAP LEMAK DAN KOLESTEROL DAGING PAHA SERTA LEMAK PADA HATI AYAM BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover_dan_abstrak[1].pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
upload watermak Skripsi Pemberian sari buah mengkudu (shally handayani) Ujian Sarjana.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pemberian sari buah mengkudu (Morinda citrifolia L) yang diberikan melalui air minum terbatas terhadap lemak dan kolesterol daging paha serta lemak pada hati ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 80 ekorayam dari strain MB 202 Platinum. Jenis kandang yang digunakan adalah kandang boks dengan ukuran 70x60x70 cm perunit sebanyak 20 unit. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan dari penelitian ini terdiri dari A (0 ml/ekor/hari sari buah mengkudu)/kontrol, B (2,5 ml/ekor/hari sari buah mengkudu), C (5 ml/ekor/hari sari buah mengkudu ), D (7,5 ml/ekor/hari sari buah mengkudu), E (10 ml/ekor/hari sari buah mengkudu). Parameter yang diukur adalah kadar lemak hati, kadar kolesterol dan kadar lemak daging paha. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa, pemberian sari buah mengkudu memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap semua parameter yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian sari buah mengkudu dengan dosis 2,5 - 10 ml/ekor/hari dalam air minum terbatas mampu menurunkan kandungan lemak daging paha, kolesterol daging paha, dan lemak hati ayam broiler, dengan dosis pemberian terbaik 2,5 ml/ekor/hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Ahadiyah Yuniza, MS
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Buah Mengkudu, Lemak, Kolesterol, Broiler.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 11 Feb 2021 04:01
Last Modified: 11 Feb 2021 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71163

Actions (login required)

View Item View Item