Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi)

Nisa, Ufdatul Jannah (2020) Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Penutup))
BAB V (Penutup)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
full skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nisa Ufdatul Jannah (1410822015). “Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa Wisata (Studi Kasus: Desa Wisata Kayu Kubu, Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi)”. Pembimbing I Dr. Yevita Nurti, S.Sos,M.Si dan Pembimbing II Dr. Sri Setiawati, M.A Jurusan Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas Kelurahan Kayu Kubu merupakan salah satu daerah yang ditetapkan menjadi desa wisata pada tahun 2016 oleh Pemerintah Kota Bukittinggi. Pembangunan desa wisata menerapkan strategi pembangunan berkelanjutan yang mengutamakan aspek lingkungan dan keterlibatan masyarakat di dalamnya. Desa wisata dibentuk agar masyarakat dapat berperan aktif dalam rangka kegiatan pariwisata dan tentunya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dalam prosesnya, tentu diperlukan keterlibatan masyarakat untuk mencapai tujuan dari pembangunan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pembangunan desa wisata dan menganalisis partisipasi masyarakat dalam kegiatan pariwisata serta mengidentifikasi kendala pengembangan wisata di Desa Wisata Kayu Kubu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Adapun teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling, dimana informan dipilih berdasarkan tujuan penelitian, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kategoris berdasarkan kategori yang telah ada, lalu dilakukan penafsiran dan penarikan kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa dalam pembangunan Desa Wisata Kayu Kubu menunjukkan partisipasi masyarakat yang aktif. Kegiatan partisipasi masyarakat diidentifikasikan dalam bentuk: a) menjadi anggota dalam kelompok masyarakat, b) ikut dalam kegiatan diskusi, c) menggerakkan sumber daya masyarakat, d) berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, dan e) memanfaatkan hasil. Bentuk partisipasi masyarakat Kayu Kubu dilihat dalam indikator tahapan partisipasi yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap pemanfaatan. Kata Kunci: Pembangunan Pariwisata, Desa Wisata, Partisipasi Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Yevita Nurti, S.Sos, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 11 Feb 2021 02:04
Last Modified: 11 Feb 2021 02:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71122

Actions (login required)

View Item View Item