EFEKTIVITAS PROGRAM LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR!) OLEH PEMERINTAH KOTA SOLOK

Nikita, Yolanda (2020) EFEKTIVITAS PROGRAM LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR!) OLEH PEMERINTAH KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (813kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, dibentuklah Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!). Pada tahun 2017, Pemerintah Kota Solok ikut melaksanakan program LAPOR! dengan cara membentuk tim koordinasi dan petugas administrator pengelola program LAPOR! Kota Solok. Dalam pelaksanaan program LAPOR! ini, Pemerintah Kota Solok mendapatkan penghargaan duakali dalam kompetisi pengelolan pengaduan pelayanan publik tahun 2018 dan 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas program menurut Edy Sutrisno (2007) yaitu pemahaman program, tepat sasaran, tepat waktu, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah Pemerintah Kota Solok telah melaksanakan Program LAPOR! dengan baik. Dibuktikan dengan adanya penghargaan yang diterima Kota Solok serta respon pengelola dalam menindaklanjuti pengaduan yang masuk dari masyarakat sangatlah cepat. Bahkan Pemerintah Kota Solok dijadikan daerah percontohan untuk daerah lainnya di Sumatera Barat. Walaupun pelaksanaan LAPOR! di Kota Solok telah baik, perlu dilakukan penambahan kegiatan seperti sosialisasi kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat mengetahui keberadaan dan mengerti cara penggunaan Program LAPOR!. Penambahan kegiatan sosialisasi pun juga sebaiknya diberikan kepada tim pengelola LAPOR! Kota Solok, serta diberikan pelatihan kepada tim yang belum memahami penggunaan aplikasi LAPOR! tersebut. Kata Kunci: Efektivitas Program, LAPOR!, Pemerintah Kota Solok

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Yoserizal, M.Si
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Program, LAPOR!, Pemerintah Kota Solok
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:59
Last Modified: 11 Feb 2021 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71112

Actions (login required)

View Item View Item