Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media E-Booklet Terhadap Perubahan Perilaku Makan Sesuai Pedoman Gizi Seimbang (PGS) Pada Remaja Obesitas Di Kota Padang Tahun 2020

Tsuraya, Zafira (2020) Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media E-Booklet Terhadap Perubahan Perilaku Makan Sesuai Pedoman Gizi Seimbang (PGS) Pada Remaja Obesitas Di Kota Padang Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan Edukasi tentang gizi terhadap remaja obesitas merupakan salah satu upaya dalam menanggulangi kejadian obesitas pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi terhadap perubahan perilaku makan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang terhadap remaja obesitas di SMP Negeri 8 Padang tahun 2020. Metode Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan rancangan on group pre dan post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja obesitas kelas VII dan VIII di SMP Negeri 8 Padang dengan jumlah sampel 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sample dan analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum intervensi rata-rata skor pengetahuan 11,82, skor sikap 55,58, dan skor tindakan 50,30 sedangkan sesudah intervensi rata-rata skor pengetahuan 15,85, skor sikap 63,12, dan skor tindakan 63,08. Hasil uji statistik diperoleh adanya perbedaan rata-rata tingkat pengetahuan, sikap, dan tindakan remaja obesitas (p value = 0,000) tentang perilaku makan gizi seimbang. Kesimpulan Edukasi gizi berpengaruh meningkatkan pengetahuan, sikap, dan tindakan remaja obesitas terkait perilaku makan sesuai pedoman gizi seimbang. Harapan kepada petugas kesehatan setempat agar bekerja sama dengan pihak sekolah dalam memberikan penyuluhan dan informasi kepada remaja obesitas mengenai gizi khususnya perilaku makan yang sesuai dengan pedoman gizi seimbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Helmizar, SKM., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: e-booklet, edukasi gizi, obesitas, pengetahuan, sikap, tindakan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 11 Feb 2021 03:22
Last Modified: 11 Feb 2021 03:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/71088

Actions (login required)

View Item View Item