Embriogenesis Somatik Tanaman Kakao (Theobroma Cacao L.) Klon Bl-50 Dengan Menggunakan Berbagai Konsentrasi Picloram Secara In Vitro

Yussalina, Yussalina (2021) Embriogenesis Somatik Tanaman Kakao (Theobroma Cacao L.) Klon Bl-50 Dengan Menggunakan Berbagai Konsentrasi Picloram Secara In Vitro. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan)
BAB V KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
SKRIPSI UTUH YUSSALINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perbanyakan tanaman kakao (Theobroma cacao. L) dihadapkan pada kesulitan untuk mendapatkan varietas unggul yang tahan terhadap hama penggerek buah kakao, penyakit busuk buah kakao maupun Vascular Streak Dieback (VSD) maka perlu dilakukan perbanyakan melalui embriogenesis somatik dengan menggunakan picloram untuk merangsang terbentuknya embrio somatik sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk perakitan varietas unggul baik melalui rekayasa genetik maupun mutasi in vitro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi picloram yang terbaik pada embriogenesis somatik tanaman kakao klon BL50 secara in-vitro. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kultur Jaringan, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang pada bulan Juli – September 2020. Penelitan ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan konsentrasi picloram 0 ppm, 3 ppm, 6 ppm, 9 ppm, 12 ppm, 15 ppm dan diulang sebanyak 5 kali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi picloram memberikan pengaruh pada jumlah embrio somatik, persentase embrio somatik dan berpengaruh sama pada persentase eksplan hidup. Konsentrasi picloram 6 ppm memberikan hasil terbaik pada waktu induksi embrio somatik, jumlah embrio somatik, dan persentase embrio somatik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Embriogenesis somatik, picloram, kakao, in vitro
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 10 Feb 2021 07:38
Last Modified: 10 Feb 2021 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70992

Actions (login required)

View Item View Item