Hubungan Pengetahuan Gizi, Kebiasaan Sarapan Pagi Dan Asupan Zat Gizi Dengan Status Gizi Siswa Di SMPN 5 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Lastri, Ana Putri (2021) Hubungan Pengetahuan Gizi, Kebiasaan Sarapan Pagi Dan Asupan Zat Gizi Dengan Status Gizi Siswa Di SMPN 5 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
1611221005_Lastri Ana Putri_Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masa remaja adalah waktu terjadinya perubahan-perubahan yang berlangsung cepat dalam pertumuhan fisik, koqnitif, dan psikososial. Sementara itu, remaja seing kali mengalami masalah gizi, baik gizi kurang maupun gizi lebih. Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi remaja yaitu pengetahuan gizi, kebiasaan sarapan pagi dan asupan zat gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan gizi, kebiasaan sarapan pagi dan asupan zat gizi dengan status gizi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan studi cross sectional.Penelitian dilakukan di SMPN 5 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Dimana dari 156 sampel, 77 diantaranya memenuhi kriteria penelitian. Data pengetahuan gizi dan kebiasaan sarapan pagi menggunakan kuesioner dan asupan zat gizi menggunakan kuesioner food recall 2x24 jam. Serta pengukuran BB dan TB secara langsung dikonversi menjadi zscore IMT/U. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden memiliki status gizi yang normal (83,1%), tingkat pengetahuan gizi cukup (58,4%), kebiasaan sarapan pagi yang sering (51,9%), dan asupan zat gizi (energi kurang (54,5%), protein cukup (50,6%), lemak cukup (51,9%), dan karbohidrat kurang (57,1%). Variabel yang berhubungan dengan status gizi antara lain pengetahuan gizi (p=0,004, r=0,322) dan kebiasaan sarapan pagi (p=0,001, r=0,371). Pengetahuan gizi dan kebiasaan sarapan pagi berhubungan dengan status gizi. asupan zat gizi tidak memiliki hubungan yang bermakna terdapat status gizi. disarankan remaja untuk dapat memperhatikan status gizi dan asupan makan dengan pedoman gizi seimbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Hafifatul Auliya Rahmy, SKM, MKM
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Pengetahuan Gizi, Kebiasaan Sarapan Pagi, Asupan Zat Gizi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 10 Feb 2021 03:56
Last Modified: 10 Feb 2021 03:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70930

Actions (login required)

View Item View Item