ANALISIS KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) PADA PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT TK. III dr. REKSODIWIRYO TAHUN 2020

Farah, Fadhila Effendi (2021) ANALISIS KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) PADA PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT TK. III dr. REKSODIWIRYO TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan asbtrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI farah fadhila 1611211010.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pelayanan dapat dikatakan bermutu apabila telah memberikan kepuasan kepada pasien. Rata-rata tingkat kepuasan layanan rawat jalan Rumah Sakit Reksodiwiryo yaitu 79,5%, jika dilihat dari Standar Pelayanan Minimal kepuasan pasien dengan standar 90%, maka layanan rawat jalan di Rumah Sakit ini belum memenuhi standar pelayanan minimal kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepuasan pasien JKN rawat jalan terhadap mutu pelayanan kesehatan di Rumah Sakit TK. III dr. Reksodiwiryo tahun 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari - Juli 2020 di Rumah Sakit dr.Reksodiwiryo. Sampel pada penelitian ini 106 responden dengan menggunakan accidental sampling. Analisis yang digunakan yaitu Univariat dan Importance Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukkan dimensi reliability (71.47%) dan responsiveness (74.92%) belum dapat memuaskan pasien , sedangkan tiga dimensi lainnya sudah memuaskan pasien yaitu dimensi Assurance (80.87%), Emphaty (82.75%), dan Tangible (85.46%). Prioritas utama peningkatan kinerja yaitu kedisiplinan jadwal layanan, sedangkan atribut yang paling memuaskan yaitu prosedur layanan yang tidak berbelit. Rata-rata pasien merasa puas atas pelayanan rawat jalan RS dr.Reksodiwiryo. Namun, pada dimensi reliability dan responsiveness belum dapat memuaskan pasien dan perlu dilakukan evaluasi dan pengawasan terhadap pelaksanaan pemberian layanan. Lima atribut pada kuadran A harus dilakukan evaluasi dan perbaikan secara terus menerus sehingga kinerja dari pelayanan rawat jalan dapat meningkat dan dapat memuaskan pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: CH Tuty Ernawati, SKM, MKes
Uncontrolled Keywords: mutu pelayanan, kepuasan pasien, pelayanan rawat jalan, pasien JKN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 10 Feb 2021 04:35
Last Modified: 10 Feb 2021 04:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70908

Actions (login required)

View Item View Item