Kajian Kandungan Mikroplastik di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah

Vopi, Haryanti (2021) Kajian Kandungan Mikroplastik di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR FULL TEXT)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kajian ini menganalisis mikroplastik di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah dari berbagai literatur. Analisis dilakukan dengan memaparkan kandungan mikroplastik (kelimpahan, ukuran, bentuk dan jenis polimer), pengaruh sampah serta mengkaji faktor yang mempengaruhi kandungan mikroplastik di air lindi TPA. Metode yang digunakan adalah Kajian Literatur Komprehensif dengan mengkaji literatur mengenai mikroplastik di TPA. Kelimpahan mikroplastik pada air lindi di TPA pada kajian ini berkisar antara 0,002 sampai dengan 21 item/L. Ukuran mikroplastik yang ditemukan bervariasi tergantung pada lokasi dan jenis sampah yang dibuang ke TPA tersebut. Ukuran mikroplastik yang ditemui yaitu ukuran <20 μm, 20-80 μm, <200 μm, 50-500 μm dan > 500 μm. Ukuran mikroplastik yang paling banyak adalah ukuran <200 μm. Bentuk mikroplastik yang paling banyak ditemui adalah fragmen, karena fragmen merupakan mikroplastik jenis sekunder dengan ukuran yang kecil. Komposisi polimer mikroplastik yang dominan ditemukan di TPA adalah polyethylene (PE), polypropylene (PP), dan Polyethylene terephthalate (PET) yang biasanya bersumber dari gelas kemasan dan kantong plastik. Usia, pemilihan jenis penimbunan sampah (open dumping, sanitary landfill, control landfill) dan pengolahan lindi berpengaruh pada kandungan mikoplastik di TPA. TPA usia menengah (3-20 tahun) dan jenis penimbunan open dumping memiliki kelimpahan dan jenis polimer terbanyak dibanding usia dan jenis penimbunan lainnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kandungan mikroplastik pada air lindi di TPA adalah jumlah sampah yang masuk ke TPA, proses fragmentasi atau degradasi mikroplastik di TPA, curah hujan dan bahan organik yang terkandung di dalam air lindi. Teknologi yang dapat mengurangi mikroplastik di TPA adalah degradasi biologis, teknologi pemisahan, daur ulang, dan konversi termokimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Budhi Primasari, M.Sc
Uncontrolled Keywords: mikroplastik; Tempat Pemrosesan Akhir (TPA); kandungan mikroplastik; bentuk mikroplastik; ukuran mikroplastik.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:24
Last Modified: 11 Feb 2021 07:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70704

Actions (login required)

View Item View Item