PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN STUDI PADA NASABAH BANK NAGARI CABANG UTAMA

Riyadi, Surya Nanda (2014) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN STUDI PADA NASABAH BANK NAGARI CABANG UTAMA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skrips Full Text)
201410031115rd_skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Terhitung sejak dibukanya keran otonomi, dapat disaksikan bahwa bank-bank daerah mulai menunjukkan eksistensinya. Saat ini mereka bersaing dengan bank-bank nasional dan juga bank asing di Indonesia. Salah satu contohnya adalah Bank Nagari dari Sumatera Barat. Satu hal yang spesial dari bank ini adalah faktor otonomi bukanlah sebagai faktor pendukung dominan dalam kemajuan bank ini. Hal ini disebabkan karena semenjak masih menjadi BPD Sumbar, Bank Nagari juga telah eksis di mata masyarakat Sumatera Barat.Satu hal lagi yang cukup membanggakan adalah karena adanya beberapa cabang di luar Sumatera Barat, jauh sebelum adanya otonomi daerah. Bank Nagari Pusat sendiri berlokasi di pusat Kota Padang, selebihnya tersebar unit Bank Nagari konvensional dan Syariah di seluruh Kota dan Kabupaten di seluruh Sumatera Barat tak terkecuali Kepulauan Mentawai. Bank Nagari termasuk salah satu BUMD Sumatera Barat dan merupakan Badan Usaha tersehat. Hal ini disebabkan karena bank ini banyak bekerjasama seperti pemerintah, perguruan tinggi, dan pihak swasta lainnya. Berdasarkan hasil survey The Best Bank Service Excellent yang telah dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) pada kategori Bank Pembangunan Daerah dapat diketahui bahwa Bank Nagari mendapat peringkat 10 dan juga dapat dilihat bahwa banyaknya pesaing Bank Nagari yang tidak hanya pada kategori Bank Pembangunan Daerah saja tetapi juga banyaknya pesaing dari kategori Bank Umum dan kategori Bank Syariah. Berdasarkan laporan tahunan Bank Nagari 2012, Bank Nagari juga meraih penghargaan peringkat II The Best Bank 2012 in Corporate Social Responsibility (BPD Aset > 10T) dari Anugerah Perbankan Indonesia 2012.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 03 May 2016 06:41
Last Modified: 03 May 2016 06:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/7039

Actions (login required)

View Item View Item