PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENANGGULANGAN KERUSAKAN LINGKUNGAN YANG DISEBABKAN OLEH PERTAMBANGAN EMAS DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Saddam, Kardova (2020) PERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP DALAM PENANGGULANGAN KERUSAKAN LINGKUNGAN YANG DISEBABKAN OLEH PERTAMBANGAN EMAS DI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Updated Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan negara hukum seperti yang tercantum dalam Pasal 1 ayat (3) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Indonesia negara yang diberi anugerah oleh Yang Maha Kuasa kaya Sumber Daya Alam, salah satunya pertambangan. Di Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau terdapat beberapa pertambangan emas yang tidak menggunakan izin yang mana telah mengakibatkan Kerusakan Lingkungan Hidup. Persoalannya, seluruh pertambangan emas dimaksud tidak satupun yang memiliki izin. Sehingga tidak terkendalinya kerusakan lingkungan hidup sekitar area tambang. Faktor utama dari pelaku karena alasan ekonomi. Padahal, dalam Pasal 67 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup telah menetapkan bahwa ”setiap orang berkewajiban memelihara fungsi lingkungan hidup serta mengendalikan pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup. Oleh karena itu yang menjadipersoalan dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana Kerusakan Lingkungan Hidup yang disebabkan tambang emas di Kabupaten Kuantan Singingi? 2) Apa Upaya Dinas Linkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi dalam penanggulangan kerusakan yang di sebabkan tambang emas di Kabupaten Kuantan Singingi? Adapun penelitian ini menggunakan metode yuridis sosiologis (empiris) yang bersifat deskriptif, menggunakan jenis data primer dan jenis data sekunder, sumber data didapatkan oleh penulis dari penelitian lapangan dan kepustakaan, dan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan studi dokumen. Dari hasil penelitian diketahui bahwa pertambangan emas yang tidak memiliki izin sangat meresahkan yang berakibatkan kerusakan lingkungan hidup. Upaya penanggulangan Kerusakan Lingkungan Hidup yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup yaitu berkodinasi dengan dinas ESDM Prov Riau untuk permasalahan kerusakan lingkungan, serta dalam upaya memperbaiki kerusakan yang disebabkan pertambangan emas, Dinas Lingkungan Hidup telah melakukan berbagai upaya memperbaiki seperti rehabilatasi lahan bekas tambang, menanam bekas area tambang dengan tumbuhan dan mengelola lahan bekas tambang sebagai kolam ikan. Kata Kunci: Penanggulangan, kerusakan dan Tambang Emas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Syofiarti, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:18
Last Modified: 08 Feb 2021 07:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70299

Actions (login required)

View Item View Item