PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN AUDIOVISUAL TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN PADA PASIEN TB MDR BERBASIS RSUP DR M DJAMIL PADANG

Yenni, Elfira (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN AUDIOVISUAL TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN PADA PASIEN TB MDR BERBASIS RSUP DR M DJAMIL PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Latar Belakang : TB MDR masih menjadi kasus dengan kejadian yang tertinggi.Sudah banyak metoda dan cara yang dilakukan untuk mencegah bahkan memutus mata rantai penularan TB MDR seperti pendidikan kesehatan dengan media audiovisual. Namun masih belum maksimal untuk menekan kejadian TB MDR. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan pretest and posttest control group designPenelitian dilakukan di Puskesmas jejaringan yang ada pasien TB MDR pada bulan Februari 2019 hingga Desember 2020. Populasi penelitian seluruh pasien TB MDR yang berobat di Poli TB MDR RSUP Dr. M. Djamil Padang dengan sampel sebanyak 54 orang diambil secara purposive sampling terdiri dari 27 orang kelompok intervensi dan 27 orang kelompok kontrol. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Data dikumpulkan dan diolah menggunakan program komputer dan dianalisis menggunakan uji Mann withney. Hasil : penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan dengan audiovisual terhadap pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000) dan tindakan (p=0,000) pencegahan penularan pada pasien TB MDR pada kelompok intervensi.Kesimpulan : media audiovisual memiliki pengaruh yang baik untuk merubah pengetahuan, sikap dan tindakan pasin TB MDR.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Defriman Djafri, SKM., MKM., PhD
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan, Audiovisual, TB MDR
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 11 Feb 2021 05:01
Last Modified: 11 Feb 2021 05:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70147

Actions (login required)

View Item View Item