EVALUASI ASPEK TEKNIS PEMELIHARAAN SAPI PERAH MENUJU GOOD DAIRY FARMING PRACTICES, PRODUKSI DAN TOTAL KOLONI BAKTERI SUSU DI PETERNAKAN LASSY DAIRY FARM KABUPATEN AGAM

RISKA, SAFITRI (2020) EVALUASI ASPEK TEKNIS PEMELIHARAAN SAPI PERAH MENUJU GOOD DAIRY FARMING PRACTICES, PRODUKSI DAN TOTAL KOLONI BAKTERI SUSU DI PETERNAKAN LASSY DAIRY FARM KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KESIMPULAN)
BAB 5 KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (796kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan aspek teknis pemeliharaan sapi perah menuju Good Dairy Farming Practices (GDFP), produksi dan total koloni bakteri susu di Peternakan Lassy Dairy Farm Kabupaten Agam. Metode yang digunakan yaitu metode survei dan percobaan. Data yang diambil adalah data primer terdiri atas aspek teknis pemeliharaan sapi perah, produksi dan total koloni bakteri susu. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Peubah yang diamati adalah aspek teknis pemeliharaan berdasarkan modifikasi Ditjennak 1983 (pembibitan dan reproduksi, nutrisi (manajemen pakan dan air minum), pengelolaan, kandang dan peralatan, dan kesehatan ternak), produksi dan total koloni bakteri susu sapi FH. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan aspek teknis pemeliharaan di Peternakan Lassy Dairy Farm memperoleh nilai 3,22 yang termasuk dalam kategori baik, produksi susu sapi FH rata-rata 14,61±4,00 liter/ekor/hari dan dikonversikan ke 4% FCM menjadi 15,20±4,02 kg/ekor/hari. Rata-rata produksi susu selama satu periode laktasi adalah 4043,50±663,05 kg/ekor/laktasi, dan total koloni bakteri susu 7,52 X105 CFU/ml. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa penerapan aspek teknis pemeliharaan di Lassy Dairy Farm termasuk dalam kategori baik,dan berpengaruh positif terhadap produksi susu yang cukup tinggi dengan total koloni bakteri susu berada dalam standar SNI. Kata kunci: Sapi Perah, Aspek Teknis Pemeliharaan, Good Dairy Farming Practices (GDFP), Produksi Susu, Total Koloni Bakteri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Ir.Arief, MS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 08 Feb 2021 06:28
Last Modified: 08 Feb 2021 06:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70141

Actions (login required)

View Item View Item