Hannyva, Muliandha Putri (2021) ANALISA PENGARUH KEKAKUAN BALOK-KOLOM TERHADAP KINERJA STRUKTUR PORTAL BAJA DENGAN PLAT VERTICAL CORRUGATED SHEARWALL AKIBAT PEMBEBANAN STATIK MONOTONIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 HANNYVA.pdf - Published Version Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 5 (Penutup))
3. BAB 5 HANNYVA.pdf - Published Version Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA HANNYVA.pdf - Published Version Download (148kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
5. TUGAS AKHIR FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Sumatera Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi gempa yang cukup tinggi. Untuk itu dibutuhkan perencanaan yang cukup dalam membangun sebguah bangunan di Sumatera Barat. Dalam dunia konstruksi, terkadang struktur diberikan perkuatan. Salah satu perkuatan yang diberikan adalah Shear Wall. Pada penelitian kali ini, peneliti akan menganalisa pengaruh kekakuan balok terhadap kolom terhadap kinerja struktur portal baja yang menggunakan plat vertical corrugated shearwall akibat pembebanan statik monotonik. Penampang yang digunakan pada kolom dan balok adalah IWF 250.125.6.9 dan permodelan material menggunakan kurva bilinear dengan mutu BJ-41. Kemudian dilakukan variasi pada ketebalan sayap (tf) dimulai dengan ketebalan 9 mm sampai 18 mm. Pada penelitian kali ini menggunakan software MSC Nastran-Patran. Permodelan menggunakan software MSC Patran, kemudian hasil dari permodelan akan diedit menggunakan software Notepad yang kemudian dilakukan proses running menggunakan MSC Nastran. Output yang didapat adalah nilai f06 yang kemudian diedit hingga hanya tersisa Forces of Single Point Constraint. Kemudian dibuat kurva beban vs perpindahan yang terjadi pada setiap variasi ketebalan pelat sayap balok. Hasil tersebut juga diinputkan pada MSC Patran untuk dianalisis sehingga dapat terlihat pola distribusi tegangan. Hasil yang didapatkan adalah semakin besar perbandingan Inersia balok dan kolom yang diperbesar dengan menambah nilai ketebalan pelat sayap balok, maka kekakuan struktur dan beban ultimate semakin besar. Sedangkan untuk daktilitas, semakin menurun. Untuk pola distribusi tegangan, tegangan maksimum terjadi pada panel zone yang terkena beban, kemudian pada daerah shearwall bagian kiri, dan pada balok bagian bawah kanan yang mengenai shearwall. Hasil ini berlaku pada setiap ketebalan pelat sayap.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Sabril Haris HG, Ph.D |
Uncontrolled Keywords: | Vertical corrugated shearwall, Kekakuan Balok Kolom, Inersia balok-kolom, Beban Ultimate, Pola Distribusi Tegangan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sipil |
Depositing User: | s1 Teknik Sipil |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 06:57 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 06:57 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70068 |
Actions (login required)
View Item |