PENGARUH INTRODUKSI BAKTERI ENDOFIT TERPILIH TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill) DAN PREFERENSI Helicoverpa armigera (Hubner) (Lepidoptera: Noctuidae)

Afriana, Sari (2021) PENGARUH INTRODUKSI BAKTERI ENDOFIT TERPILIH TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN TOMAT (Lycopersicum esculentum Mill) DAN PREFERENSI Helicoverpa armigera (Hubner) (Lepidoptera: Noctuidae). Diploma thesis, Universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1. PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V. PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Bakteri endofit merupakan mikroorganisme yang hidup di dalam jaringan tanaman tanpa menimbulkan kerugian dan mampu meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan patogen dan hama. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bakteri endofit terhadap pertumbuhan tanaman dan preferensi H. armigera pada tanaman tomat. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi dan rumah kawat Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, mulai dari Januari – Mei 2020 dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 10 perlakuan dan 3 ulangan. Penelitian ini menggunakan 2 metode, yaitu metode dengan pilihan dan tanpa pilihan. Perlakuan terdiri dari 8 isolat bakteri endofit, 1 kontrol positif (insektisida) dan 1 kontrol negatif (tanpa perlakukan). Variabel yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun tanaman tomat serta jumlah individu H. armigera (telur, larva, pupa dan imago). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa isolat EPL 1.1.3 dan TLE 1.1 mampu meningkatkan tinggi tanaman tomat dibandingkan dengan kontrol, dan isolat EPL 1.1.4 dan isolat KLE 3.3 mampu meningkatkan jumlah daun tanaman tomat. Isolat KLE 3.3 merupakan isolat terbaik dimana mampu menghambat peletakan telur dan juga menghambat perkembangan H. armigera, sedangkan isolat TLE 2.3 dan EPL 1.1.4 hanya mampu menghambat peletakan telur H. armigera, dan isolat SNE 2.2 hanya mampu menghambat proses perkembangan pada fase pupa untuk menjadi imago. Kata kunci: Bakteri endofit, ketahanan, tomat, preferensi, H. armigera.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Hasmiandy Hamid, SP.MSi
Uncontrolled Keywords: Bakteri endofit, ketahanan, tomat, preferensi, H. armigera.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:22
Last Modified: 19 Apr 2021 03:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70014

Actions (login required)

View Item View Item