HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR (PUS) TERHADAP INFERTILISASI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG

Diah, Nurza Efendi (2020) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP PASANGAN USIA SUBUR (PUS) TERHADAP INFERTILISASI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ANDALAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Infertilitas merupakan suatu masalah yang dihadapi pasangan suami istri yang telah menikah, melakukan hubungan seksual teratur selama minimal satu tahun, tanpa menggunakan kontrasepsi, namun belum mendapatan kehamilan. Peningkatan pengetahuan tentang infertilitas akan memberikan dampak sikap positif tehadap infertilitas sehingga menyebabkan masalah infertilitas dapat tertanggulangi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan sikappasangan usia subur terhadap infertilitas di wilayah kerja Puskesmas Andalas Padang.. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan cross- sectional study. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, didapatkan sampel sebanyak 106 responden. Data penelitian berupa data primer dengan menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap terhadap infertilitas sebagai alat ukurnya. Analisis data menggunakan analisis univariat dan uji Chi- Square test untuk analisis bivariat dengan kemaknaan statistik ditentukan jika nilai p < 0,05. Hasil analisis univariat menunjukkan pasangan usia subur memiliki tingkat pengetahuan baik sebesar 19,8%, cukup 50%, dan kurang 30,2%. Hasil analisis sikap menunjukkan sikap positif 46,2% dan negatif 53,8%. Analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan dengan sikap pasangan usia subur terhadap infertilitas dengan nilai p= 0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap pasangan usia subur terhadap infertilitas di wilayah kerja Puskesmas Andalas Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Dedy Hendry, SP.OG(K)
Uncontrolled Keywords: pasangan usia subur, pengetahuan, sikap, infertilitas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 05 Feb 2021 08:15
Last Modified: 05 Feb 2021 08:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/70007

Actions (login required)

View Item View Item