PENGARUH PEMBERIAN BAKTERI PELARUT FOSFAT Bacillus amyloliquefaciens DENGAN DOSIS PUPUK FOSFOR BERBEDA TERHADAP KARAKTERISTIK NIRA BATANG SORGUM MUTAN BROWN MIDRIB (Sorghum bicolor L. Moench) DI TANAH ULTISOL

Popy, Marshalita (2021) PENGARUH PEMBERIAN BAKTERI PELARUT FOSFAT Bacillus amyloliquefaciens DENGAN DOSIS PUPUK FOSFOR BERBEDA TERHADAP KARAKTERISTIK NIRA BATANG SORGUM MUTAN BROWN MIDRIB (Sorghum bicolor L. Moench) DI TANAH ULTISOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER_dan_ABSTRAK[1].pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB_1_PENDAHULUAN[1].pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
BAB_5_PENUTUP[1].pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR__PUSTAKA[1].pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI_FULL_POPY_MARSHALITA[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh pemberian bakteri pelarut fosfat (BPF) dengan dosis pupuk P berbeda terhadap karakteristik nira tanaman sorgum mutan BMR. Penelitian dilakukan di kebun Laboratorium Percobaan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 4 perlakuan dan 4 kelompok. Perlakuan terdiri : P0 = Batang sorgum mutan BMR yang mendapat perlakuan Urea + KCl + 0% TSP + BPF; P1 = Batang sorgum mutan BMR yang mendapat perlakuan Urea + KCl + 50% TSP + BPF; P2 = Batang sorgum mutan BMR yang mendapat perlakuan Urea + KCL + 75% TSP + BPF; P3 = Batang sorgum mutan BMR yang mendapat perlakuan Urea + KCl + 100% TSP (Tanpa BPF). BPF yang digunakan berasal dari biakan Bacillus amyloliquefaciens dengan dosis 10 ml/lubang tanam setara dengan 107 CFU/gram. Parameter yang diukur yaitu kandungan gula (% Brix), volume jus batang (ml) dan korelasi berbagai parameter terhadap volume jus batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian bakteri B. amyloliquefaciens dan dosis pupuk fosfor berbeda pada semua parameter menunjukkan pengaruh berbeda tidak nyata (p>0.05) terhadap kandungan gula dan volume jus batang. Kandungan gula dan volume jus batang pada penelitian ini berturut-turut 11,78 – 12,75 (% Brix) dan 188,75 – 218,5 (ml/batang). Hasil analisis koefisien korelasi menunjukkan terdapat korelasi yang nyata antara diameter batang (0.575*) dan berat batang segar (0.504*) dengan volume jus batang tanaman sorgum. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian bakteri B. amyloliquefaciens dan dosis pupuk fosfor berbeda menghasilkan karakteristik nira sorgum mutan BMR hampir sama di tanah ultisol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Riesi Sriagtula, S.Pt., M.P
Uncontrolled Keywords: Bacillus amyloliquefaciens, Nira, Pupuk Fosfor, Sorgum Brown Midrib
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 05 Feb 2021 04:40
Last Modified: 05 Feb 2021 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/69934

Actions (login required)

View Item View Item